Jakarta (ANTARA) - PSM Makassar merangsek ke papan atas klasemen sementara Liga 1 Indonesia seusai menghajar Persib Bandung dengan skor 4-2 pada pekan ke-4 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu.

Kemenangan PSM Makassar hadir berkat gol dari Kenzo Nambu, Victor Dethan, Everton Nascimento serta Andy Harjito, sedangkan Persib Bandung sempat membalas melalui gol bunuh diri Yuran Fernandes dan tendangan jarak jauh Marc Klok, demikian catatan Liga Indonesia.

Kini PSM Makassar berada di posisi kelima klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan tujuh poin dari empat laga, sedangkan Persib menghuni peringkat 16 dengan koleksi tiga poin.

Pada babak pertama PSM Makassar mengambil inisiatif menyerang dan sempat mencetak gol melalui sundulan Yuran Fernandes, namun dianulir oleh wasit karena pemain asal Tanjung Verde tersebut berada dalam posisi offside.

PSM benar-benar membobol gawang dari Persib pada menit ke-10 melalui tendangan keras yang dilepaskan oleh Kenzo Nambu sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Persib berusaha untuk menyamakan kedudukan, salah satunya melalui sundulan David Da Silva seusai menerima umpan silang Ciro Alves, namun bola masih dapat diamankan kiper PSM Reza Arya.

Tak berselang lama, PSM dapat menggandakan keunggulan usai tendangan mendatar Victor Dethan tak mampu dihalau oleh kiper Persib Teja Paku Alam sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-28.

PSM berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-40 melalui gol yang dicetak oleh Everton Nascimento yang berhasil memanfaatkan celah di lini pertahanan Persib. Skor 3-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: Persita Tangerang buat Persija Jakarta rasakan kekalahan perdana

Pada babak kedua, Persib melakukan beberapa perubahan permainan dan salah satunya memasukkan penyerang Ezra Walian menggantikan gelandang Dedi Kusnandar.

Perubahan taktik yang dilakukan Persib sempat membuahkan hasil ketika Marc Klok mampu membobol gawang dari PSM, akan tetapi gol tersebut tidak disahkan wasit karena David Da Silva berada dalam posisi offside.

Juku Eja hampir menggandakan keunggulan andai umpan tarik dari Yance Sayuri dapat disambut oleh kaki Yuran Fernandes, namun bola tak dapat dijangkau.

Persib berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 pada menit ke-86 usai umpan silang Ciro Alves salah diantisipasi oleh Yuran Fernandes dan membuat bola masuk ke gawang PSM.

Berselang tiga menit, Persib kembali mencetak gol, kali ini melalui tendangan jarak jauh Marc Klok seusi menerima umpan dari Ciro Alves sehingga skor berubah menjadi 2-3.

Memasuki waktu tambahan babak kedua, pasukan Bernardo Tavares mengunci kemenangan pada pertandingan ini setelah dapat menambah keunggulan menjadi 4-2 seusai Andy Harjito membobol gawang Teja Paku Alam memanfaatkan umpan tarik Everton. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya PSM Makassar akan bertandang ke markas Bhayangkara FC pada pekan kelima Liga 1 Indonesia, Sabtu (29/7), sedangkan Persib Bandung akan menghadapi Persik Kediri, sehari sebelumnya.

Baca juga: Riekerink sebut Dewa United berhasil maksimalkan kelemahan Persik

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023