Jakarta (ANTARA) — Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi menegaskan pentingnya peran Pancasila sebagai ideologi negara dan landasan geopolitik Indonesia.

“Pancasila bukan hanya sekadar sebuah simbol atau semangat kebangsaan, tetapi juga sebuah falsafah yang menjadi pijakan kuat dalam menghadapi berbagai tantangan geopolitik yang dihadapi Indonesia,” ujarnya di acara kegiatan Ceramah Ilmiah Pancasila Sebagai Landasan Geopolitik Indonesia di Aula Gedung III, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat.

Senada dengan Yudian, Dosen Universitas Pertahanan Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M. memaparkan bagaimana Pancasila berperan sebagai pilar penting dalam menjaga stabilitas politik, pertahanan, dan hubungan internasional Indonesia.

"Pancasila menjadi alat penting dalam membentuk hubungan politik dan ekonomi dengan negara-negara lain serta mengambil peran strategis dalam menghadapi perubahan dinamika global." ujarnya

Acara ceramah ilmiah tentang "Pancasila sebagai Landasan Geopolitik Indonesia" ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai pentingnya Pancasila sebagai landasan geopolitik Indonesia, serta memperkuat semangat untuk tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ideologi negara ini.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023