Mari eksplorasi keindahan alam Pasundan ini. Jangan selalu pergi ke tempat yang begitu-begitu aja. Mumpung sehat dan sempat
Bandung (ANTARA) -
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjajal wisata ekstrem dengan menuruni Curug Cikondang di Kabupaten Cianjur, yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter lewat.
 
"Berani turun dari tebing air terjung, saya sudah mencobanya di Curug Cikondang Cianjur bersama cora ropejump. Luar biasa, sekali seumur hidup mah harus," kata Gubernur Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, di Bandung, Minggu.

Ia mengatakan  ada 400-an wisata curug atau air terjun di Jawa Barat yang patut dieksplorasi, termasuk Curug Cikondang yang memiliki beberapa air terjun kecil.
.
"Mari eksplorasi keindahan alam Pasundan ini. Jangan selalu pergi ke tempat yang begitu-begitu aja. Mumpung sehat dan sempat," ujar Ridwan Kamil.
 
Beberapa destinasi wisata air terjun favorit di Jabar Jawa Barat diantaranya Curug Malela yang berundak-undak dan merupakan salah satu magnet wisata di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Curug ini memiliki lebar 55 meter dengan tinggi 60 meter dan sering disebut kembaran air terjun Niagara dari Bandung.
 
Selain Curug Malela ada Curug Katumbiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan Curug Pameungpeuk di Bandung Barat. Objek wisata ini berjarak sekitar 69 kilometer dari Gedung Sate, Kota Bandung.

Baca juga: Wisata air terjun di Cianjur diminati pemudik dari luar kota
 
Kedua ialah Curug Cikaso yang merupakan salah satu bagian dari Geopark Ciletuh. Lokasinya di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.  Menuju Curug Cikaso dari pintu masuk destinasi, wisatawan bisa menggunakan perahu dan menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer menyusuri sebuah sungai atau berjalan kaki sambil melihat persawahan dan pepohonan.
 
Curug Cikaso menawarkan keindahan air terjun jernih berwarna hijau kebiruan yang dikelilingi pepohonan yang rimbun. Banyak wisatawan yang menganggap curug ini seperti lukisan karena saking indahnya. Air dari Curug Cikaso ini memiliki tiga jalur air terjun yang diberi nama Curug Asepan (kiri), Curug Meong (tengah) dan Curug Aki (kanan).
 
Ketiga Curug Cimahi yang yang populer disebut Curug Pelangi dengan tinggi 80 meter. Air yang terjun dari curug ini berasal dari Situ Lembang, yang mengairi Kota Cimahi dan sekitarnya.
 
Secara administratif Curug Cimahi berada di Desa Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Untuk tiba ke sini menggunakan angkutan umum, petualang bisa menuju Lembang dan naik angkot jurusan Lembang - Cisarua.
 
Keempat ialah Curug Citambur yang merupakan salah satu permata tersembunyi di Cianjur Selatan.  Nama Citambur dihubungkan dengan legenda setempat yakni Prabu Tanjung Sanghyang Anginan yang kerap mengunjungi tempat tersebut untuk bersuci dan bersemedi. Kedatangan sang prabu diikuti oleh pengikutnya yang menabuh alat musik tambur atau dogdog yang bunyinya terdengar hingga ke pelosok desa.

Baca juga: Wisata air terjun jadi pilihan wisatawan untuk liburan di Cianjur

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023