Jakarta (ANTARA) - Jenama produk perawatan kulit Vaseline berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) menggelar acara “The Vaseline Healing Project 2023: Kulit Sehat untuk Semua” di Jakarta, Minggu, untuk 500 warga Indonesia yang membutuhkan layanan kesehatan kulit.

Dalam acara tersebut, terdapat beberapa kegiatan, yakni konsultasi permasalahan kulit pada dokter spesialis kulit, pemberian obat permasalahan kulit secara gratis, dan pemberian produk Vaseline kepada mereka yang datang hari ini. Sebelumnya, 500 orang yang beruntung tersebut telah melakukan registrasi melalui formulir daring Vaseline untuk mengikuti kegiatan “The Vaseline Healing Project 2023.”

“Indonesia masih dihadapkan oleh sejumlah tantangan dalam memastikan bahwa kulit yang sehat dapat dinikmati semua orang,” kata Ketua Bidang Sosial dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelami Indonesia (PERDOSKI) dr. Adhimukti T. Sampurna, SpKK.

Baca juga: Dokter: Penting jaga kebersihan kulit selama perawatan mesoterapi

Menurut dr. Adhimukti, tantangan yang dihadapi antara lain keterbatasan jumlah dokter kulit (hanya 8 orang untuk melayani tiap 1 juta masyarakat Indonesia), pembekalan mengenai ilmu kesehatan kulit yang masih terbatas di antara tenaga kesehatan, mispersepsi masyarakat seperti yang masih belum memprioritaskan kesehatan kulit serta rasa ragu atau malu untuk memeriksakan diri, serta kurangnya akses atas edukasi dan produk kesehatan kulit berkualitas.

Oleh karena itu, pihaknya bersama Vaseline mengadakan layanan khusus mengenai permasalahan kulit kepada masyarakat melalui acara tersebut. Sebanyak 100 dokter spesialis kulit dari PERDOSKI hadir untuk memeriksa dan memberikan pelayanan gratis kepada 500 masyarakat yang mengalami masalah kesehatan kulit.

Sementara itu, penyakit kulit menjadi salah satu masalah kesehatan yang masih banyak ditemui di Indonesia sebesar 49 persen per 10 ribu penduduk. Manajer Senior Jenama Vaseline Esa Mahira mengatakan Vaseline berkomitmen untuk mewujudkan kulit sehat bagi setiap orang untuk hidup tanpa batas, termasuk mengadakan acara “The Vaseline Healing Project 2023” tersebut.

“Vaseline percaya bahwa kulit yang sehat akan membuat perempuan merasa nyaman dengan dirinya,” kata Esa.

Beberapa proyek sosial lainnya yang sudah dilakukan Vaseline, antara lain mendonasikan 24.000 produk untuk mereka yang membutuhkan, berkolaborasi dengan PERDOSKI untuk memberikan edukasi kesehatan kulit melalui platform digital, dan memberikan pelatihan ilmu kesehatan kulit kepada 850 dokter umum dan praktisi medis di Indonesia.

Untuk selanjutnya, “The Vaseline Healing Project” akan dilakukan secara berkelanjutan sebagai misi Vaseline untuk memperbaiki kulit dan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan di seluruh dunia.

Baca juga: Tabir surya jadi rutinitas perawatan kulit Fuji Utami cegah "breakout"

Baca juga: Dokter kecantikan sarankan perawatan antipenuaan mulai usia 30-an

Baca juga: Kalbe Farma hadirkan produk mesoterapi untuk perawatan estetik

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023