... ini adalah keputusan yang sangat berat... "
Washington (ANTARA News) - Badan Penerbangan Federal AS (FAA), di bawah Departemen Perhubungan, Jumat (22/3), mengumumkan 149 menara pengawas di bandar udara akan ditutup di seluruh negeri itu mulai 7 April karena rencana penerapan penghematan anggaran lembaga tersebut.

"Kami mendengar dari masyarakat di seluruh negeri ini mengenai pentingnya menara mereka dan ini adalah keputusan yang sangat berat," kata Menteri Perhubungan Amerika Serikat, Ray LaHood, di dalam satu pernyataan.

"Sayangnya, kami menghadapi serangkaian pilihan sulit yang harus kami hadapi untuk mewujudkan pemotongan yang diperlukan berdasarkan penyitaan," kata LaHood, sebagaimana dikutip Xinhua, Sabtu siang.

Pemangkasan pengeluaran sebesar 85 miliar dolar Amerika Serikat mulai dialami berbagai departemen negara itu tahun ini mulai 1 Maret. Pemangkasan pengeluaran itu, yang disebut "penyitaan" dalam bahasa anggaran Amerika Serikat, termasuk di dalam paket pengurangan utang Agustus 2011.

FAA akan bekerjasama dengan semua bandar udara untuk menjamin prosedur itu diberlakukan guna mempertahankan angka keselamatan yang tinggi di bandar udara tanpa-menara pengawas, kata Administratur FAA, Michael Huerta.

FAA akan memulai penutupan bertahap selama empat pekan atas 149 menara pengawas lalu lintas udara mulai 7 April, bagian dari upayanya untuk menghemat pengeluaran sebesar 637 juta dolar Amerika Serikat pada tahun ini, kata pernyataan itu.

(C003)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013