Surabaya (ANTARA News) - Ganda putra Hendra Setiawan-Ryan Agung Saputro harus menyerah 12-21, 24-26 dari ganda putra utama Malaysia Tan Boong Hoeng-Koo Kien Keat pada penyisihan Piala Axiata 2013 di DBL Arena Surabaya, Sabtu.

Secara mengejutkan Indonesia memasangkan Hendra dengan Ryan yang selama ini selalu berpasangan dengan Angga Pratama.  Jumat kemarin Ryan/Angga tampil memukau dengan mengalahkan andalan Singapura Danny Bawa Chrisnanta-Terry Yeo Zhao 21-11, 23-21.

Duet Ryan/Hendra keteteran ditekan Tan Boong Hoeng-Koo Kien Keat yang adalah ganda putra nomor dua dunia.

Pasangan Indonesia ini banyak mengembalikan bola-bola tanggung yang memudahkan Boong Heong dan Kien Keat, yang "runner up" Kejuaraan Dunia 2011, melancarkan smes.

Pengembalian melambung dari Ryan disambut smes keras Boon Heong untuk membuat Indonesia tertinggal 2-10.

Kien Keat jeli membaca ketidakpaduan Hendra-Ryan. Pengembalian jitu yang menusuk pertahanan Hendra, membuat mereka game pertama dengan 12-21.

Pada game kedua Indonesia berusaha memaksa "rubber game", apalagi Kien Keat-Boong Heong beberapa kali melakukan kesalahan.

Namun, Hendra-Ryan tak bisa menemukan permainan terbaikmua. Smes Boon Heong mengoreksi pertahanan Indonesia yang buruk, dengan skor 12-15.

Indonesia sempat unggul, lalu pengembalian jitu Boon Heong membuat kedudukan sama 19-19. Setelah itu pengembalian Kien Keat membuat Malaysia "match point" 20-19. Ryan lalu memaksa "deuce" 20-20. 

Susul menyusul angka terjadi hingga deuce terjadi sampai lima kali.

Dukungan membahana penonton di DBL Arena tak mampu mengangkat moril pasangan Indonesia.

Hendra dan Ryan sempat di atas angin ketika pengembalian lawan melambung dan keluar. Namun, wasit mengatakan raket Hendra menyentuh kok. Poin jatuh untuk Malaysia, 20-21.

Mereka terus melaju sampai pukulan Ryan yang gagal berbuah poin, menutup game kedua 24-26 untuk kemenangan Malaysia. 

Sebelumnya ganda campuran Chan Peng Soon-Goh Liu Ying mengalahkan Muhammad Rijal-Debby Susanto 2-1 (21-18, 16-21, 19-21) sehingga kedudukan yang semula 2-0 untuk Indonesia menjadi 2-1, lalu disamakan 2-2 di nomor ganda putra.

Indonesia memetik dua poin dari tunggal putra Tommy Sugiarto dan tunggal putri Bellaetrix Manuputy. 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013