Forum SEA PD on ECCE akan membahas draf naskah deklarasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara yang berkenaan dengan transformasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kawasan ASEAN
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) siap memimpin Forum Southeast Asia Policy Dialogue on Early Childhood Care and Education (SEA PD on ECCE) yang akan dihadiri oleh para menteri pendidikan dari negara-negara anggota ASEAN.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril menyatakan forum tersebut merupakan bagian dari rangkaian Keketuaan ASEAN oleh Indonesia tahun ini.

“Forum SEA PD on ECCE akan membahas draf naskah deklarasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara yang berkenaan dengan transformasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kawasan ASEAN,” katanya di Jakarta, Senin.

Forum yang akan berlangsung pada 25-26 Juli 2023 ini rencananya diikuti oleh Wakil Presiden Philipina sekaligus Menteri Pendidikan Sara Zimmerman Duterte, Menteri Pendidikan Kamboja Hang Chuon Naron, Menteri Pendidikan Malaysia Fadhlina binti Sidek, dan Menteri Pendidikan Thailand Treenuch Thienthong.

Selain itu juga akan diikuti oleh Menteri Pendidikan Myanmar Nyunt Pe, Menteri Pendidikan Brunei Darussalam Datin Seri Setia Hajah Romaizah binti Haji Md Salleh, Menteri Pendidikan Singapura Chan Chun Sing, Menteri Pendidikan Vietnam Nguyen Kim Son, dan Menteri Pendidikan Timor Leste Armindo Maia.

Baca juga: Kemendikbudristek: Persiapkan sektor pendidikan jelang keketuaan ASEAN

Selanjutnya Menteri Pendidikan Laos Phout Simmalavong serta Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim turut dijadwalkan mengikuti forum yang mendapat dukungan dari ASEAN Secretariat dan The Southeast Asian Ministers of Education Organization Centre for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) itu.

Deklarasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara tersebut diharapkan dapat diadopsi pada Pertemuan Tingkat Kepala Negara ASEAN dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT_ ASEAN ke-43 yang akan dilaksanakan pada awal September 2023.

Selain mengundang perwakilan kementerian pendidikan negara-negara Anggota ASEAN, kegiatan ini melibatkan Sekretariat ASEAN dengan turut mengundang tenaga ahli, mitra pembangunan, organisasi internasional, dan organisasi non-pemerintahan di bidang PAUD.

Para tamu nantinya akan terlibat dalam pertemuan paralel dan diskusi kelompok yang membahas sejumlah tema terkait PAUD dalam rangka menghasilkan draf Deklarasi Bersama Menteri Pendidikan Negara ASEAN yang mencakup komitmen pembangunan PAUD. 

“Melalui forum ini kita akan menyepakati deklarasi yang merefleksikan upaya negara ASEAN dalam mempercepat transformasi PAUD dan memulihkan ketertinggalan masa belajar dan tumbuh kembang pascapandemi COVID-19,” kata Iwan.

Baca juga: Kemendikbud: PAUD fondasi anak jadi pembelajar sepanjang hayat
Baca juga: Konferensi Vokasi ASEAN ingin hubungkan pendidikan dan dunia industri



 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023