Depok (ANTARA) - Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Lontara App menyelenggarakan sebuah kolaborasi acara dalam memperkenalkan literasi sejak dini kepada anak-anak.

Kegiatan ini dipadukan dengan peluncuran buku anak Seri Keberagaman yang diproduksi oleh Program Studi Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI).

"Melalui acara ini, kami berharap dapat membawa literasi sejak dini kepada anak-anak, serta meningkatkan pemahaman dan penghargaan mereka terhadap keberagaman budaya Indonesia," kata Pustakawan UI Dra. Kalarensi Naibaho, M.Hum di UI Depok, Senin.

Lomba ini bertujuan untuk mendorong pemahaman dan penghargaan terhadap keragaman budaya pada sesama.

Baca juga: Sebanyak 18 Mahasiswa Hongkong belajar di Faktultas Teknik UI 

Baca juga: Laboratorium MBPCF Imeri FKUI raih akreditasi ISO 17025:2017

Kalarensi Naibaho mengatakan perwakilan Perpustakaan UI, mengatakan kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Lontara App dan Program Studi Indonesia FIB UI dalam mengadakan acara ini.

Pada rangkaian akhir acara ada tur perpustakaan untuk memperkenalkan fasilitas Perpustakaan UI pada anak dan memberikan pemahaman tentang pentingnya membaca dan literasi. Tur ini dapat memberikan pengalaman edukatif yang menyenangkan bagi anak dengan menjelajahi koleksi Perpustakaan UI dan menemukan keajaiban yang tersimpan di dalamnya," katanya.

Acara dengan tajuk “Jelajah Dunia Dongeng” sebagai bagian dari peringatan Hari Anak Nasional. Acara bertujuan untuk mempromosikan kegiatan literasi dan menghargai keberagaman budaya ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Dimulai dengan peluncuran buku anak “Seri Keberagaman” dari FIB UI.

Lalu dilanjutkan sesi mendongeng oleh narator berpengalaman yaitu Kak Tiwi dan Kak Bonchi yang membacakan salah satu dari 6 buku anak Seri Keberagaman. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan minat baca sejak dini dan meningkatkan imajinasi serta keterampilan bahasa pada anak-anak.

Selain itu, diadakan juga lomba menggambar dengan tema keberagaman, di mana anak-anak diberikan kesempatan untuk mengungkapkan kreativitas mereka dalam mewujudkan gagasan tentang keberagaman budaya melalui gambar.

Serangkaian acara "Jelajah Dunia Dongeng" ini diharapkan dapat menjadi titik awal bagi anak-anak dalam mengeksplorasi dunia literasi, memahami keberagaman budaya, dan mendorong rasa ingin tahu untuk memotivasi mereka membaca buku sejak dini.*

Baca juga: UI raih pertumbuhan IKU terbaik PTN-BH

Baca juga: Departemen ilmu konservasi gigi FKG UI gelar bakti sosial 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023