Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad menilai Bank Pembangunan DKI Jakarta atau Bank DKI telah membuat terobosan dengan membuka layanan akses keuangan di Pulau Seribu

Dia menyampaikan hal itu, dalam sambutan menghadiri acara Pesta Rakyat Digital Island Bank DKI digelar Bank DKI bersama Otoritas Jasa Keuangan serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka meningkatkan inklusi serta literasi keuangan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

"Kegiatan ini merupakan sebuah terobosan layanan akses keuangan di Pulau Seribu oleh Bank DKI. Kami terus berkomitmen untuk mendukung UMKM tumbuh dan meraih peluang bisnisnya," kata dia di Jakarta, Senin.

Ia berharap, Bank DKI dapat mendorong percepatan perekonomian di wilayah kepulauan, khususnya di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Melalui kegiatan pesta rakyat tersebut, Bank DKI juga diharapkan dapat memberikan edukasi serta akses keuangan yang lebih baik untuk nasabah di Kepulauan Seribu.

Baca juga: Bank DKI tingkatkan inklusi dan literasi keuangan di Pulau Pramuka

Pesta Rakyat Digital Island Bank DKI menyajikan berbagai acara, seperti sosialisasi literasi keuangan, gerai UMKM dari warga Pulau Pramuka, serta edukasi produk digital Bank DKI.

Melalui acara tersebut, masyarakat Pulau Pramuka diperkenalkan lebih dekat dengan berbagai produk dan layanan digital Bank DKI, seperti JakOne Abank, JakOne Merchant dan serta yang terbaru, yakni JakErte.

Perusahaan turut meresmikan Kampung UMKM Bank DKI yang merupakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Melalui program tersebut, Bank DKI melakukan penataan ulang dengan pendekatan digitalisasi melalui aplikasi JakOne Abank, dan JakOne Merchant terhadap lokasi sementara bagi para pedagang UMKM.

Jika dibandingkan dengan bank BUMN yang belum memiliki mesin ATM, Bank DKI justru telah memiliki 11 mesin ATM dan 69 mesin EDC yang tersebar di wilayah Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Untung Jawa dan Pulau Panggang.

Baca juga: OJK Cirebon terus tingkatkan literasi keuangan bagi masyarakat
Baca juga: BI mengingatkan penyedia jasa keuangan beri edukasi secara masif
Baca juga: OJK sebut peningkatan literasi wujudkan daya tahan keuangan masyarakat

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023