Jakarta (ANTARA) - Bank DKI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meningkatkan inklusi serta literasi keuangan melalui pesta rakyat di Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Pramuka.

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan pesta rakyat ini menjadi wadah peningkatan literasi keuangan terutama perbankan digital terhadap warga Pulau Pramuka yang disiapkan sebagai lokasi untuk penyelenggaraan acara bertaraf internasional.

"Kita tahu bahwa Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Pramuka menjadi sentra pariwisata nasional dan Bank DKI mengambil peran di sini dengan mempersiapkan masyarakat melalui edukasi dan literasi keuangan digital," kata Fidri dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin.

"Pesta Rakyat Digital Island Bank DKI" menyajikan berbagai acara, seperti sosialisasi literasi keuangan, gerai UMKM dari warga Pulau Pramuka serta edukasi produk digital Bank DKI.

Baca juga: BI DKI bangkitkan wisata di Pulau Seribu

Melalui acara tersebut, masyarakat Pulau Pramuka diperkenalkan lebih dekat dengan berbagai produk dan layanan digital Bank DKI, seperti JakOne Abank, JakOne Merchant dan serta yang terbaru, yakni JakErte.

Masyarakat juga dapat meraih informasi mendalam terkait program produk perbankan lain seperti Tabungan Haji dan Umroh (Taharoh).

Dalam acara tersebut, perusahaan turut meresmikan Kampung UMKM Bank DKI yang merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)

Melalui program tersebut, Bank DKI melakukan penataan ulang dengan pendekatan digitalisasi melalui aplikasi JakOne Abank dan JakOne Merchant terhadap lokasi sementara (loksem) bagi para pedagang UMKM.

Baca juga: Digital Island dorong keamanan wisatawan-inklusi keuangan Pulau Seribu

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK
Dian Ediana Rae berharap Bank DKI sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) dapat menjadi tuan rumah di wilayah DKI Jakarta, melalui penetrasi pasar yang lebih luas. Salah satunya dengan penyelenggaraan kegiatan literasi dan inklusi keuangan.

"Saya kira kegiatan ini menjadi contoh yang baik dilakukan oleh Bank DKI dalam hal penetrasi pasar, sekaligus edukasi transaksi perbankan digital di Kepulauan Seribu," katanya.

Senada dengan hal itu, Bupati Administrasi Kepulauan Seribu Junaedi menyampaikan apresiasi atas kolaborasi pelaksanaan "Pesta Rakyat Digital Island Bank DKI" sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat Pulau Pramuka, khususnya dalam penyediaan akses layanan keuangan.

"Acara ini menjadi pertanda bahwa Kepulauan Seribu tidak ketinggalan, dan masyarakat dapat terbantu dengan pembelajaran transaksi keuangan digital dan mendorong peningkatan kontribusi ekonomi khususnya pelaku UMKM," ujar Junaedi.

Bank DKI terus meningkatkan layanan digital dengan merealisasikan berbagai program unggulan di antaranya mendirikan "command center" untuk menguatkan fungsi kontrol produk dan layanan digital Bank DKI serta pengembangan fitur dan layanan terhadap aplikasi digital yang dimiliki.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023