Jakarta (ANTARA) - Marcel Sabitzer resmi bergabung dengan klub rival mantan timnya Bayern Muenchen yaitu Borussia Dortmund dengan kontrak empat tahun hingga 30 Juni 2028.

Sabitzer menandatangani kontrak bersama Dortmund setelah pada hari yang sama menyelesaikan tes medis.

“Klub Bundesliga Borussia Dortmund telah memperkuat lini tengahnya dengan pemain impian Marcel Sabitzer dari FC Bayern Munich,” tulis pengumuman klub melalui laman resminya, Selasa.

Baca juga: Manchester United pinjam Marcel Sabitzer dari Bayern Munich

Setelah diperkenalkan, wakil kapten tim nasional Austria itu mengaku sebab bergabungnya bersama tim peringkat dua Liga Jerman atau Bundesliga musim lalu itu tidak terlepas dari target tinggi klub di bawah asuhan pelatih Edin Terzic pada tahun-tahun mendatang.

"Saya tidak sabar untuk akhirnya bergabung dengan tim dan mengenakan jersey BVB. Diskusi dengan manajer Borussia Dortmund sangat bagus dan menunjukkan kepada saya betapa ambisiusnya klub ini di tahun-tahun mendatang,” kata Sabitzer.

Dortmund menjadi klub ketiga Sabitzer di Liga Jerman setelah RB Leipzig dan Muenchen. Dilansir dari Transfermarkt, sejak mengawali karier di Jerman saat didatangkan Leipzig pada Juli 2014, hingga kini pesepak bola berumur 29 tahun itu telah tampil 283 kali pada semua kompetisi dengan sumbangan 54 gol dan 44 assist.

Selama berkarier di Negeri Panzer, Sabitzer memenangkan dua piala yaitu Bundesliga 2022/2023 dan DFL-Supercup 2022/2023.

Pada musim lalu, gelandang bertinggi 1,77 meter itu dipinjamkan ke Manchester United selama setengah musim dan di sana ia tampil 18 kali pada semua ajang dengan menyarangkan tiga gol dan satu assist, serta meraih satu gelar Piala Liga 2022/2023.

“Marcel adalah pemain berpengalaman yang telah bermain di level internasional teratas selama bertahun-tahun. Dia sangat cocok dengan profil yang kami cari: seorang gelandang tengah yang akan memperkuat kami baik secara defensif maupun ofensif sebagai pemain box-to-box,” kata Direktur olahraga Dortmund Sebastian Kehl tentang perekrutan Sabitzer.

“Marcel kuat secara fisik dan juga memancarkan banyak ancaman gol. Kami yakin bahwa kepribadiannya juga akan menjadi pilar penting tim dan dia akan membantu kami menjadi lebih efektif dalam pertandingan yang sulit,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sabitzer akan menyusul skuad Dortmund lainnya yang telah berangkat ke Amerika Serikat guna melakoni tur pramusim melawan tiga tim yaitu San Diego Loyal SC pada 28 Juli pukul 09.30 WIB, Manchester United pada 31 Juli pukul 08.00 WIB, dan Chelsea pada 3 Agustus pukul 07.30 WIB.


Baca juga: Kalah saing di Bayern, Sadio Mane pertimbangkan gabung Al Nassr
Baca juga: Liverpool dikabarkan amankan rekrutan kedua Szoboszlai dari Leipzig

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023