Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta, Senin (24/7) mulai dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil menurunkan angka tengkes (stunting) di Jakarta sebanyak 20 persen dalam kurun waktu tiga bulan terakhir hingga upaya DKI perluas tes HIV/AIDS untuk meminimalkan penyebaran.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
 
1. DKI berhasil turunkan tengkes hingga 20 persen dalam waktu tiga bulan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil menurunkan angka tengkes di Jakarta sebanyak 20 persen dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini.

"Ya maksimum, per tiga bulan ini kami sudah berhasil menurunkan 20 persen," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai rapat koordinasi dengan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Ruang Rapim Utama, Balai Kota DKI Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya di sini

2. Heru minta orang tua lebih peduli dan bantu turunkan angka tengkes

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta para orang tua lebih peduli dan membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menurunkan angka tengkes (stunting).

"Kami dari Pemda (Pemerintah Daerah), ibunya dan keluarganya harus 'care' (peduli) juga," kata Heru usai rapat koordinasi bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Ruang Rapim Utama, Balai Kota DKI Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya di sini

3. Pemprov DKI siapkan peta panduan pembangunan puskesmas di 15 kelurahan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan peta jalan (roadmap) untuk pembangunan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di 15 kelurahan DKI Jakarta.

"Ada di perencanaan anggarannya, tahun ini ada beberapa yang dibangun, di 2024 sudah ada. Jadi 'roadmap' pemenuhannya bertahap, tidak semuanya 15 dibangun di satu tahun," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin.

Baca berita selengkapnya di sini

4. Anggota DPRD minta DKI contoh Surabaya dalam penanganan tengkes

Anggota DPRD DKI Jakarta, Jupiter meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencontoh Pemerintah Kota Surabaya dalam penanganan tengkes (stunting) untuk mencapai angka prevalensi nol persen.

"Pemprov DKI harus belajar banyak dari Pemkot Surabaya dalam hal penanganan stunting dengan persen prevalensinya semakin menurun," kata Jupiter dalam rapat membahas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (P2APBD) di Jakarta, Senin.

Baca berita selengkapnya di sini

5. Pemprov DKI perluas tes HIV/AIDS untuk meminimalkan penyebaran

Dinas Kesehatan DKI Jakarta memperluas tes virus penyebab turunnya kekebalan tubuh (HIV/AIDS) untuk meminimalkan penyebarannya seiring karena angkanya sudah mencapai 79.628 orang selama periode 2019-Maret 2023.

"Kami sudah melakukan tes terhadap 428.508 orang pada 2022. Sementara, Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta sampai dengan Maret 2023 telah menemukan 79.628 kasus HIV/ AIDS di Ibu Kota," kata Kepala Subkoordinator Bagian Kesehatan Biro Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi DKI Jakarta Mariana di Jakarta, Senin.
 
Baca berita selengkapnya di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023