Surabaya (ANTARA News) - Ganda putra Koo Kien Keat-Tan Boon Heong memastikan kemenangan Malaysia atas "All Star" Eropa setelah berhasil menekuk Ivan Sozonov-Vladimir Ivanonv 21-14, 21-17 pada laga penyisihan Piala Axiata 2013, DBL Arena Surabaya, Minggu.

Dengan hasil ini, Malaysia, berhasil membalikan keadaan setelah sebelumnya tertinggal 0-1 saat pemain tunggal putri Tee Jing Yi tumbang oleh Carolina Marin (Spanyol). Kemudian tunggal putra Liew Daren dan ganda campuran Malaysia Chan Peng Soon-Goh Liu Ying mengantar tim untuk unggul 2-1.

Ganda putra nomor dua terbaik dunia, Kien Keat-Boon Heong, sempat kewalahan menghadapi permainan cepat Ivan-Vladimir. Permainan cepat itu juga yang membuat pasangan Malaysia ini sempat tertinggal di awal game pertama 3-7.

Ivan-Vladimir tampil cukup baik dengan bermain lepas dan tampil tanpa beban. Namun, Kin Keat-Boon Heong, --runner up kejuraan dunia 2010--, mampu bertahan dengan pengembalian terukur yang berbuah angka.

Pukulan net Boon Heong melebar ke sisi kanan depan , yang tidak terjangkau Ivan-Vladimir, 18-9. Peraih gelar All England 2007 ini menutup game pertama 21-14, saat pukulan Boon Hoeng membuat Ivan tak berkutik.

Di game kedua, Kin Keat-Boon Heong tak menemukan banyak kesulitan. Namun, usaha tak kenal menyerah Ivan-Vladimir --yang berasal dari Rusia-- patut diacungi jempol, ketika kegigihan mereka selalu menyulitkan Kien Keat-Boon Heong.

Permainan Ivan-Vladimir juga mendapat apresiasi dari penonton di DBL Arena, Surabaya, walaupun usaha gigih mereka harus termentahkan ketika smes dari ganda putra Malaysia tidak dapat dikembalikan dengan baik dan menutup set, 21-17.

Sebelumnya, setelah tertinggal 1-0, tunggal putra Malaysia Liew Daren berhasil mengalahkan Scott Evans 20-22, 19-21 .Kemudian ganda campuran Chan Peng Soon-Goh Liu Ying menumbangkan Nathan Robertson-Jenny Wallwork 21-19, 16-21, 15-21.

Dengan hasil ini, Malaysia di posisi ketiga menempel Indonesia dengan perolehan 11 poin. Sementara Thailand kokoh di puncak klasemen dengan 14 poin, setelah menaklukkan Vietnam 4-0.

Babak penyisihan Piala Axiata 2013 akan dilanjutkan pada 29-31 Maret 2013 di Surabaya, dan Kuala Lumpur Malaysia. (I029/A020)

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013