Pokjanal posyandu provinsi sebagai pembina diharapkan lebih aktif berperan dalam rangka revitalisasi fungsi serta kinerja dari posyandu
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggerakkan kelompok kerja operasional (pokjanal) pembinaan  untuk menyukseskan revitalisasi pos pelayanan terpadu (posyandu), guna mendukung percepatan penurunan stunting.

"Pokjanal posyandu provinsi sebagai pembina diharapkan lebih aktif berperan dalam rangka revitalisasi fungsi serta kinerja dari posyandu," kata Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi di Palangka Raya, Selasa.

Hal itu dia sampaikan di sela pertemuan pokjanal posyandu se-Kalimantan Tengah pada 2023. Revitalisasi posyandu sangatlah penting, agar terselenggara kegiatan posyandu secara rutin dan berkelanjutan.

Baca juga: BKKBN: Gerakan bapak asuh bantu atasi stunting dan kemiskinan ekstrem

Kemudian juga bertujuan untuk tercapainya pemberdayaan tokoh masyarakat serta kader melalui advokasi, orientasi, maupun penyegaran, hingga sebagai upaya pemantapan dari kelembagaan posyandu itu sendiri.

“Untuk meningkatkan fungsi kinerja posyandu perlu komitmen, kesamaan pemahaman dan kerja sama untuk terwujudnya sinkronisasi lintas sektor," tegas Suhaemi.

Dia mengatakan, melalui pengelolaan dan pembinaan terhadap posyandu secara optimal, maka upaya peningkatan kesehatan ibu, dan anak dapat diwujudkan bersama sehingga derajat kesehatan serta kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Tengah terus meningkat dan angka stunting menurun.

Baca juga: Hari Anak Nasional dan tantangan kendali stunting

Adapun prevalensi stunting di Provinsi Kalimantan Tengah, pada 2022 sebesar 26,9 persen. Kondisi tersebut mengalami penurunan sebesar 0,5 persen dari 2021 sebesar 27,4 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sejak 25-26 Juli 2023 untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta pembinaan pokjanal, pokja dan posyandu.

"Masukan yang diharapkan dari pertemuan ini adalah kebijakan dan dukungan penganggaran pokjanal posyandu, hingga optimalisasi peranannya di setiap jenjang," tuturnya.

Selain itu, juga untuk pengorganisasian, pembinaan, tugas dan fungsi pokjanal posyandu di setiap jenjang, kebijakan pelayanan kesehatan masyarakat era transformasi layanan primer di posyandu, indikator dan capaian posyandu aktif 2023.

Baca juga: Ibu Negara dijadwalkan sosialisasi penurunan stunting di Banyuwangi

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023