Johannesburg (ANTARA News) - Ethiopia memenangi pertandingan dramatis 1-0 di kandang sendiri atas Botswana, Minggu, sehingga tetap berpeluang untuk pertama kalinya muncul pada babak final Piala Dunia di Brazil tahun depan.

Pemain pengganti Getaneh Kebede, yang menggantikan striker Adane Girma pada babak kedua laga di Addis Ababa itu, mencetak gol tunggal dua menit menjelang pertandingan usai, pada laga yang berlangsung di dataran tinggi di bagian timur Afrika tersebut, demikian laporan AFP.

Ethiopia kembali ke puncak klasemen Grup A dengan simpanan tujuh poin dua angka lebih banyak dari tim yang sebelumnya memimpin, Afrika Selatan, yang mengalahkan Republik Afrika Timur 2-0 di Cape Town, lewat gol yang dihasilkan Thabo Matlaba dan Bernard Parker.

Tanzania mencetak tiga gol pada babak kedua ke gawang tim yang empat kali lolos ke Piala Dunia, Maroko, ketika hasil laga berkesudahan 3-1 di Dar es Salaam dan naik dengan beda satu poin dari pemuncak Grup C Pantai Gading.

Thomas Ulimwengu memecah kebuntuan semenit setelah turun minum dan Mbwana Samata membuat aksi untuk timnya sebelum Youssef El Arabi mencetak gol empat menit menjelang laga usai.

Kekalahan yang memalukan itu, diiringi dengan hasil seri laga Gambia dan Pantai Gading, sehingga peluang Maroko ke Brazil tertutup dan nasib pelatih yang baru ditunjuk Rachid Taoussi pun amat dikhawatirkan.

Litsebe Marabe menyamakan kedudukan semenit menjelang pertandingan bubar, ketika membuat Lesotho bermain imbang 1-1 lawan 10 pemain Zambia di Maseru, setelah Collins Mbesuma membuka gol untuk timnya menyusul keluarnya kartu merah untuk penjaga gawang Kennedy Mweene, karena bermain kasar.

Penerjemah: AR Loebis 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013