Kami menyambut baik rencana untuk kerja sama baik bidang pendidikan maupun investasi dan bisnis lainnya
Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Probolinggo, Jawa Timur, menjajaki kerja sama dengan Provinsi Narathiwat di Thailand terkait potensi bidang bisnis dan pendidikan dengan menawarkan sejumlah potensi wisata di Kota Mangga tersebut.

"Kami menyambut baik rencana untuk kerja sama baik bidang pendidikan maupun investasi dan bisnis lainnya," kata Sekretaris Daerah Kota Probolinggo Ninik Ira Wibawati dalam keterangan di Kota Probolinggo, Selasa.

Ninik bersama sejumlah pejabat pemerintah setempat menerima kunjungan Gubernur Narathiwat Thailand Sanan Pongaksorn
dengan berbincang membahas program kedua pemerintah yang digelar di objek wisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR) di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Senin (24/7) malam.

"Saat ini kami mengembangkan wisata yang dikolaborasikan dengan olahraga. Didukung oleh kualitas sumber daya manusia yang terus membaik, kami yakin peluang investasi yang menguntungkan kedua belah pihak bisa terbuka lebar," tuturnya.

Tawaran kerja sama tersebut mendapat respons positif Gubernur Narathiwat Thailand, Sanan Pongaksorn yang juga menyukai Kota Probolinggo yang ramah dalam penyambutan rombongannya.

Baca juga: Kadin Jatim mengusulkan program siswa SMK magang di Thailand 

Baca juga: Gubernur Narathiwat ajak pengusaha Jatim majukan produksi durian

"Potensi untuk kerja sama di dunia pendidikan seperti pertukaran pelajar, maupun potensi bisnis untuk kemajuan kedua negara bisa dikembangkan lebih lanjut. Kami mengundang kehadiran Pemkot Probolinggo ke Provinsi Narathiwat Thailand guna pembahasan lebih lanjut," katanya.

Sebanyak 14 orang rombongan dari Thailand di antaranya Wali Kota Vimutti Amnukmanee maupun Kepala Dinas Pendidikan Narathiwat. Mereka berbincang bersama sesuai kewenangannya dengan pejabat di Pemkot Probolinggo yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wawan Soegyantono, Plt Kepala Dikbud Siti Romlah, Kepala DPMPTSP M. Abbas.

Rombongan tamu dari Provinsi Narathiwat Thailand didampingi oleh Rektor Universitas Nurul Jadid KH Abdul Hamid Wahid untuk menjelajahi area Jawa Timur, termasuk Kota Probolinggo karena hubungan kerja sama keduanya sudah terjalin lama.

Baca juga: Jawa Tengah dan Thailand jajaki kerja sama berbagai bidang

Baca juga: Pemberdayaan ekonomi di Probolinggo melalui penguatan BUMDes

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023