Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menyampaikan lima pesan khusus bagi 13.829 peserta didik baru Sekolah Polisi Negara (SPN) saat pembukaan program pendidikan pembentukan Bintara Polri Gelombang 2 Tahun Anggaran 2023 pada Selasa.

Sebanyak 13.829 peserta didik baru SPN tersebut terdiri dari Bintara Tugas Umum 12.580 orang, Bintara Brimob (500), Bintara Polair (100) dan Bintara Polwan (649).

"Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan beberapa penekanan kepada para peserta didik untuk diikuti dan dilaksanakan," ungkap Karyoto dalam upacara yang dilaksanakan di Lapangan SP Lido Polda Metro Jaya, Sukabumi, Jawa Barat.

Pertama, kata Kapolda, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, persiapkan fisik dan mental selama mengikuti pendidikan serta hindari pelanggaran sekecil apapun dan patuhi seluruh ketentuan yang ada di lembaga.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya pimpin pelantikan 659 siswa Sekolah Polisi Negara

Ketiga, pertahankan sikap disiplin penuh semangat dan tekad yang kuat serta motivasi yang tinggi bahwa tujuan selama berada di lembaga pendidikan adalah untuk belajar, berlatih dan menempa diri.

Empat, bangun komunikasi yang interaktif dan konstruktif antarsesama peserta didik dengan pendidik, pelatih dan pengasuh seluruh unsur pelaksana pendidikan sehingga akan terjalin hubungan yang solid dan harmonis

Kelima, tanamkan sikap responsif dan ikhlas dalam setiap proses belajar-mengajar sehingga ilmu yang diberikan benar-benar dapat diserap.

Kapolda mengatakan, selama menjalani proses pendidikan, para peserta didik akan diberikan berbagai pengetahuan, keterampilan serta penguasaan teknis dan taktis profesi Kepolisian dasar.

"Banyak hal yang baru yang akan didapatkan sebagai bekal sebelum saudara diangkat dan dilantik menjadi anggota Polri," ungkap dia.

Baca juga: Kompolnas sebut aplikasi SIGAP terobosan brilian SPN Polda Metro

Karena itu, kata Kapolda, manfaatkan kesempatan yang berharga ini sebaik-baiknya untuk menimba ilmu, pengetahuan dan keterampilan serta memperluas dan menambah wawasan tentang Kepolisian secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda dan segenap tenaga pendidik instruktur dan pengasuh atas dedikasi dan pengabdian yang diberikan.

"Saya titipkan pada peserta didik agar dilatih, dibimbing dan dididik serta dibina sebaik-baiknya, dibentuk menjadi polisi sejati yang siap memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat," ungkap dia.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023