Jakarta (ANTARA) -
Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas karena adanya  pembangunan saluran beton u (u-ditch) dan pembangunan jacking oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur di Jalan Swadaya Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung.
 
"Rekayasa lalin di Jalan Swadaya mulai dilaksanakan pada 28 Juli 2023 sekitar pukul 19.00 WIB hingga 15 Desember 2023, diikuti oleh Dishub (Dinas Perhubungan) dan Satpol PP Jakarta Timur," kata Wakil Camat Cipayung Henny Hermayani di Jakarta, Selasa.
 
Sebelum dilakukan penutupan Jalan Swadaya di Pondok Ranggon, Henny menjelaskan, jajaran Kelurahan Pondok Ranggon sudah melakukan sosialisasi terkait hal ini bersama jajaran Rukun Warga (RW) dan tokoh masyarakat setempat.
 
Sosialisasi yang dilakukan dua kali itu agar warga mengetahui adanya pembangunan saluran tersebut.
 
"Pembangunan saluran ini mempunyai manfaat besar untuk mengatasi genangan yang selama ini terjadi di wilayah Pondok Ranggon," katanya.

Baca juga: Sudinhub Jaktim rekayasa lalu lintas di Jalan Pendidikan Raya
 
Selama pembangunan saluran dilakukan beberapa pengalihan rute lalu lintas. Pengalihan rute dari arah timur Jalan Kramat Ganceng yang ingin menuju arah barat Mabes TNI dan Cilangkap dialihkan melalui Jalan Raya Pondok Ranggon, melewati Jalan Sapi Perah. Lalu ke Jalan Cilangkap Baru dan Jalan Raya Cilangkap.
 
Untuk kendaraan dari arah barat Mabes TNI dan Cilangkap yang ingin menuju arah timur Jalan Kramat Ganceng dan Jalan Raya Pondok Ranggon dialihkan melalui Jalan Raya Cilangkap, menuju Jalan Cilangkap Baru. Lalu ke Jalan Sapi Perah dan Jalan Raya Pondok Ranggon.
 
Kendaraan dari arah timur Jalan Kramat Ganceng yang ingin menuju arah barat ke Munjul, Pasar Cibubur dan Jalan Raya Bogor dialihkan melalui Jalan Raya Pondok Ranggon, Jalan Sapi Perah dan Jalan Raya Munjul.

Baca juga: Sudinhub Jaktim rekayasa lalu lintas di Jalan Laksamana Malahayati
 
Pengalihan rute juga terjadi dari arah barat, yakni Munjul dan Pasar Cibubur menuju arah timur Jalan Kramat Ganceng. Pengendara bisa melalui Jalan Raya Munjul, Jalan Sapi Perah dan Jalan Raya Pondok Ranggon.

Untuk pengalihan rute angkutan umum T.15 (rute Cililitan-Pondok Ranggon) dialihkan melalui Jalan Raya Munjul, Jalan Sapi Perah, Jalan Raya Pondok Ranggon dan berputar balik di simpang Jalan Kramat Ganceng.
 
"Nantinya petugas Satpel Dishub Kecamatan Cipayung bersama Satpol PP Kecamatan dan Kelurahan Pondok Ranggon yang melakukan penjagaan. Ada penempatan personel, tapi tidak 24 jam," katanya.
 
Henny mengimbau kepada pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023