Jakarta (ANTARA) - Pereli Indonesia yang mengikuti kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 akan melakukan upacara 17 Agustus untuk memperingati hari kemerdekaan Tanah Air di tengah-tengah gelaran yang pada tahun ini digelar pada 13-19 Agustus dengan mengambil rute dari Thailand menuju Laos.

Hal ini dikatakan oleh Julian Johan, salah satu pereli Indonesia yang mengikuti AXCR 2023, saat menggelar konferensi pers kesikutsertaannya bersama Recky Resanto sebagai co-driver pada kelas T1G di Glamour Auto Boutique, Jakarta Selatan, Selasa.

“Bertepatan pada 17 Agustus, rencananya tim Indonesia juga pas hari itu upacara bendera, hari itu juga paginya sebelum start,” kata Julian Johan.

“Walaupun setelah itu kita balik lagi kurang lebih timnya masing-masing untuk kompetisi. Senang sih dengan banyak tim Indonesia yang ikut,” tambahnya.

Dilansir dari laman resmi Asia Cross Country Railly, pada edisi tahun ini ada puluhan pereli Indonesia yang berpartisipasi.

Pada kelas M-1, ada Mufti Muis Karim (Pertamina Enduro Rally Team) dan Habib Fadhlurrohman (Pertamina Enduro Rally Team). Lalu kelas M-2 diikuti oleh Rudy Poa (Indonesia Cross Country Rally Team). Selanjutnya pada kelas T2A-D ada Tubagus Moerinsyahdi (Toyota Gazoo Racing Indonesia), Baridwan Shammie Zacky, Ramadhan Ade, dan Mardi (Indonesia Cross Country Rally Team), dan Dendi Adi Surya, Sahril Hartono, dan Hendro Wahyu Nugroho (Dexc Racing Indonesia).

Selanjutnya pada kelas T1G ada Harianto Memen dan Buchari Rimhalsyah (Indonesia Cross Country Rally Team), Wijaya Kusuma Subroto dan Yasin Fodilah Gunawan Surya (Garage Monchi Japind), dan Julian Johan dan Recky Resanto (Jejology GHP). Kemudian pada kelas T1D ada Lody Natasha dan Dameria Yusi Prasasti (Indonesia Cross Country Rally Team) dan Rifat Sungkat (Mitsubishi Ralliart).

Baca juga: Pereli Jeje siap kibarkan Merah Putih di AXCR 2023

“Kita dari awal udah kumpul bareng mempersiapkan hal ini dan itu. Walaupun kita bendera brand masing-masing, tapi pada akhirnya kita sama-sama tim Indonesia. Jadi akhirnya kita saling bantu di sini,” ucap Julian Johan atau akrab disapa Jeje itu.

Pada kesempatan yang sama, pada tahun ini, Jeje akan menggunakan mobil Toyota Land Cruiser 200 yang telah dipersiapkannya dengan matang dan dimodifikasi untuk menyesuaikan sesuai dengan regulasi AXCR 2023.

Pemilihan mobil ini membuat Jeje menjadi pebalap Indonesia pertama yang menggunakan Land Cruiser 200 atau LX570 dalam ajang kompetisi bertaraf internasional.

Lebih lanjut, membawa 12 orang dalam timnya, Jeje manargetkan mencapai garis finis dengan keadaan mobil utuh.

“Karena semuanya yang serba nol lagi, kita melihatnya challenge terberat kita yang pastinya bisa untuk mencapai garis finis dengan smooth. Itu yang terpenting bisa finis dengan utuh,” ucap pria kelahiran 1 Agustus 1986 tersebut.

Baca juga: Spesifikasi LC200 yang digunakan Jeje pada ajang AXCR 2023

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023