Fun offroad sejak remaja. Kebalik bareng kami pun pernah. Ini bukan dunia baru
Jakarta (ANTARA) - Sepasang wanita yang bersahabat sejak kecil, duduk di kursi pada satu meja yang sama di taman kanak-kanak, kini harus duduk di bangku mobil off road yang sama, di negara orang, pada momen milad kemerdekaan Indonesia.

Kedua perempuan itu berada dalam satu mobil gahar Isuzu D-Max. Pengemudinya adalah Lody Natasha yang memang sudah sangat akrab dengan dunia offroad. Namun, di sebelahnya, sahabatnya selama 37 tahun, Sasty Laksamana adalah seorang dokter gigi yang kini akan mendampinginya sebagai navigator, memandu Lody mengendarai mobil bermesin 3.000 cc agar tidak salah arah.

Lody-Sasty yang baru pertama kali berpasangan untuk ajang balapan reli profesional, akan adu cepat dengan 25 peserta lainnya melewati lintasan sepanjang 2.000 kilometer, melintang dari Pattaya Thailand sampai ke Pakse Laos.

Jalur balapan yang tak ada penunjuknya ini melewati jalan desa, sawah, gunung, perkampungan penduduk, kubangan lumpur, hutan, kebun warga, dan lintasan off road lainnya sepanjang 2.000 kilometer.

Bayangkan, dua perempuan, salah satunya off roader berpengalaman dan di sebelahnya dokter gigi yang baru belajar ganti ban mobil double cabin, di antah berantah, di negeri orang, melalui perjalanan 2.000 kilometer, selama enam hari.

Mungkin itu hal yang "edan" bagi mereka yang tidak cukup berkeyakinan, tapi untuk kedua perempuan itu, "keedanan" itu adalah hal yang pasti bisa dilakukan.

Baca juga: Wakil perempuan pertama Indonesia, Lody-Sasty siap balapan di AXCR
Baca juga: Lody Natasha-Sasty Laksamana pilih Isuzu D-Max untuk AXCR 2023


Lody Francis Natasha adalah off roader wanita Indonesia yang sudah cukup dikenal di Tanah Air. Dia sudah beberapa kali mengikuti ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) sejak 2017.

Pada AXCR 2017 dia berpartisipasi menjadi pengemudi dengan navigator seorang laki-laki, pada 2018 dan 2019 dia bertindak sebagai co-driver alias navigator, dan pada 2022 dia menjadi manajer tim.

Drg. Sasty Laksamana adalah pemilik klinik gigi Prive Dental and Medical Team di bilangan Lebak Bulus Jakarta Selatan. Sasty mulai diajak berlumpur ria bersama Lody dengan mobil Jeep saat remaja.

 "Fun offroad sejak remaja. Kebalik bareng kami pun pernah. Ini bukan dunia baru," kata Sasty.

Prive Dental and Medical Team sendiri menjadi sponsor bagi Lody Natasha di AXCR sejak tahun 2017. Tidak hanya mensponsori, Sasty juga mendukung penuh perjuangan balap Lody pada 2017 itu secara langsung datang ke Thailand dengan ongkos pribadi. Sasty rela bersusah-susah sendiri hanya untuk mendukung sahabatnya sejak TK.


Selanjutnya: Mewakili Indonesia sebagai pereli AXCR di kelas wanita adalah impian Lody sejak awal
 

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023