Medan (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Utara memastikan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Sesuai instruksi Presiden Jokowi sebelumnya bahwa perhelatan olahraga akan tetap berjalan kendati bersamaan dengan tahun politik. PON sendiri akan dibuka pada 8 September 2024 di Aceh," ujar Wakil Ketua I KONI Sumut Prof Agung Sunarno saat acara pelatihan peliputan menuju PON XXI Aceh-Sumut di Aula KONI Sumut, Medan, Selasa.

Ia menyampaikan berdasarkan jadwal, pembukaan PON 2024 akan digelar di Provinsi Aceh sedangkan penutupan dilakukan di Sumut.

Baca juga: Menpora tegaskan PON XXI tetap sesuai jadwal

"Tidak ada keraguan bagi kita mundur atau tidak mundur, kita memastikan bahwa persiapan kita akan dibuka 8 September 2024 di Aceh. Pembukaan di Aceh," kata Agung.

Hal tersebut, kata dia, untuk menjawab juga keraguan publik mengingat penyelenggaraannya bersamaan dengan tahun politik yang juga berlangsung pada 2024.

"Sehingga tentang tahun 2024, walaupun kita tahu sendiri tahun 2024 itu adalah tahun politik. Olahraga akan tetap berjalan di masa Presiden Jokowi," sebutnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan persiapan PON 2024 di Sumatera Utara sudah mencapai 44 persen, baik fisik maupun non fisik.

Baca juga: Pemprov Sumut minta Menpora percepat pembangunan stadion PON 2024

"Keseluruhan persiapan tersebut, baik venie maupun atlet paling lambat akan selesai di bulan Juni 2024, termasuk stadion utama Sumut," ujar Edy Rahmayadi.

Gubernur Edy menjelaskan untuk pembangunan stadion utama, saat ini dalam masa tender dan ditargetkan akan selesai pada Juni 2024 juga.

“Stadion sedang tender, stadion juga pakai sistem tahun jamak, bulan Juni 2024 harus sudah jadi, kalau stadion atletik tahun 2023 ini harus sudah selesai, di situ nanti ada badminton, atletik dan martial art, begitu juga venue lainnya, harus selesai tahun ini,” kata Edy.

Edy Rahmayadi juga menegaskan pelaksanaan PON 2024 sampai saat ini masih sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yakni pada pertengahan bulan September 2024.

"Sampai detik ini jadwal pelaksanaannya pertengahan September, belum ada perubahan, semua persiapan kita harus sudah selesai awal September itu batasnya, kita doakan bersama agar semuanya lancar," tegasnya.

Baca juga: Kemenpora, KONI dan PB PON XXI adakan rapat anggaran PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023