Apa yang kami lihat ketika kami melihat lima tahun ke depan sebenarnya mendekati 3,0 persen, mungkin sedikit di atas 3,0 persen
Washington (ANTARA) - Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (25/7/2023) menaikkan sedikit perkiraan pertumbuhan global 2023 mengingat aktivitas ekonomi yang tangguh pada kuartal pertama, tetapi memperingatkan bahwa tantangan yang terus-menerus mengurangi prospek jangka menengah.

IMF dalam World Economic Outlook terbaru mengatakan inflasi turun dan tekanan akut di sektor perbankan telah surut, tetapi keseimbangan risiko yang dihadapi ekonomi global tetap cenderung negatif dan kredit ketat.

Pemberi pinjaman global itu mengatakan sekarang memproyeksikan pertumbuhan PDB riil global sebesar 3,0 persen pada tahun 2023, naik 0,2 poin persentase dari perkiraan April, tetapi prospek untuk tahun 2024 tidak berubah, juga sebesar 3,0 persen.

Prakiraan pertumbuhan 2023-2024 tetap lemah menurut standar historis, jauh di bawah rata-rata tahunan sebesar 3,8 persen yang terlihat pada 2000-2019, sebagian besar disebabkan oleh manufaktur yang lebih lemah di negara maju, dan dapat bertahan di level tersebut selama bertahun-tahun.

"Kami berada di jalur yang benar, tetapi kami belum keluar dari kesulitan," kepala ekonom IMF Pierre-Olivier Gourinchas mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara, mencatat bahwa peningkatan tersebut sebagian besar didorong oleh hasil kuartal pertama.

"Apa yang kami lihat ketika kami melihat lima tahun ke depan sebenarnya mendekati 3,0 persen, mungkin sedikit di atas 3,0 persen. Ini adalah pelambatan yang signifikan dibandingkan dengan yang kami alami sebelum COVID."

Ini juga terkait dengan penuaan populasi global, terutama di negara-negara seperti China, Jerman, dan Jepang, katanya. Teknologi baru dapat meningkatkan produktivitas di tahun-tahun mendatang, tetapi pada gilirannya dapat mengganggu pasar tenaga kerja.

Prospek "secara luas stabil" di pasar negara-negara emerging market dan berkembang untuk 2023-2024, dengan pertumbuhan 4,0 persen diharapkan pada 2023 dan 4,1 persen pada 2024, kata IMF. Tapi pihaknya mencatat bahwa ketersediaan kredit sangat ketat dan ada risiko kesulitan utang dapat menyebar ke kelompok ekonomi yang lebih luas.

Dunia berada di tempat yang lebih baik sekarang, kata IMF, mencatat keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengakhiri darurat kesehatan global seputar COVID-19, dan dengan biaya pengiriman dan waktu pengiriman sekarang kembali ke tingkat pra-pandemi.

"Tetapi kekuatan yang menghambat pertumbuhan pada tahun 2022 tetap ada," kata IMF, mengutip inflasi yang masih tinggi yang mengikis daya beli rumah tangga, suku bunga yang lebih tinggi yang menaikkan biaya pinjaman dan akses kredit yang lebih ketat sebagai akibat dari tekanan perbankan yang muncul pada Maret.

"Perdagangan internasional dan indikator permintaan dan produksi di bidang manufaktur semuanya menunjukkan pelemahan lebih lanjut," kata IMF, mencatat bahwa kelebihan tabungan yang dibangun selama pandemi menurun di negara-negara maju, terutama di Amerika Serikat, menyiratkan "penyangga yang lebih tipis untuk melindungi dari guncangan."

Sementara kekhawatiran tentang kesehatan sektor perbankan - yang lebih akut pada April - telah mereda, gejolak sektor keuangan dapat berlanjut karena pasar menyesuaikan diri dengan pengetatan lebih lanjut oleh bank-bank sentral, katanya.

Dampak suku bunga yang lebih tinggi terutama terlihat di negara-negara miskin, mendorong biaya utang lebih tinggi dan membatasi ruang untuk investasi prioritas. Akibatnya, kerugian produksi dibandingkan dengan prakiraan pra-pandemi tetap besar, terutama untuk negara-negara termiskin di dunia, kata IMF.

IMF memperkirakan bahwa inflasi utama global akan turun menjadi 6,8 persen pada tahun 2023 dari 8,7 persen pada tahun 2022, turun menjadi 5,2 persen pada tahun 2024, tetapi inflasi inti akan menurun secara bertahap, mencapai 6,0 persen pada tahun 2023 dari 6,5 persen pada tahun 2022 dan menurun menjadi 4,7 persen pada tahun 2024.

Gourinchas mengatakan kepada Reuters bahwa diperlukan waktu hingga akhir 2024 atau awal 2025 hingga inflasi turun ke target bank sentral dan siklus pengetatan moneter saat ini akan berakhir.

IMF memperingatkan bahwa inflasi dapat meningkat jika perang di Ukraina semakin intensif, mengutip kekhawatiran tentang penarikan Rusia dari inisiatif biji-bijian Laut Hitam, atau jika kenaikan suhu yang lebih ekstrem yang disebabkan oleh pola cuaca El Nino mendorong harga-harga komoditas. Hal itu pada gilirannya dapat memicu kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Baca juga: Ketua IMF: Prospek pertumbuhan global jangka menengah lemah
Baca juga: Ketua IMF perkirakan pertumbuhan global 3 persen lima tahun ke depan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023