Duta Koperasi diharapkan untuk memberikan pemahaman kepada kaum muda untuk memanfaatkan koperasi, termasuk dalam mengembangkan bisnis sejak dini
Sleman, DIY (ANTARA) - Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menobatkan Ahmad Fauzan, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan Bulan Lestari, mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta sebagai Duta Koperasi Sleman 2023.

"Dua mahasiswa berbakat ini dinobatkan sebagai Duta Koperasi 2023 setelah menyisihkan 16 finalis yang berhasil lolos dalam tahap grand final," kata Kepala Dinkop UKM Kabupaten Sleman Haris Martapa di Sleman, DIY, Rabu.

Sementara, menurut dia, Boby Kurniawan dari Koperasi Mahasiswa (Kopma) UNY dan Hidayati Nur Hakimah juga dari Kopma UNY menjadi juara kedua.

"Sedangkan, di posisi ketiga diraih Irsalina Qurrota Ghossani dari Kopma UGM dan Naufalatif Yaquttul Irsyad dari Kopma UNY," katanya.

Ia mengatakan Duta Koperasi ini akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menyosialisasikan terkait koperasi.

Di samping itu, ajang ini juga menjadi upaya untuk membumikan gerakan koperasi terutama bagi kalangan generasi muda.

"Tak dipungkiri, koperasi memiliki stigma kuno di kalangan generasi muda. Duta Koperasi diharapkan dapat memberikan pencerahan, khususnya kepada anak muda dan dapat melahirkan koperasi-koperasi baru yang dikelola oleh generasi milenial," katanya.

Haris mengatakan para finalis Duta Koperasi Sleman 2023 ini nantinya akan melakukan roadshow untuk memotivasi masyarakat berkoperasi.

"Kita juga canangkan untuk anak muda, maka rekan finalis akan roadshow ke kampus, SMA, SMK, untuk mengikis stigma lama terkait koperasi," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo turut mendorong Duta Koperasi dapat mengedukasi masyarakat tentang manfaat dan keunggulan koperasi dengan memanfaatkan media sosial.

"Selain menjadi langkah yang menarik, upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan antusiasme kaum muda terhadap koperasi, sehingga diharapkan peran aktif generasi muda pada koperasi semakin meningkat," katanya.

Menurut dia, keberadaan koperasi telah terbukti berperan dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

"Duta Koperasi diharapkan untuk memberikan pemahaman kepada kaum muda untuk memanfaatkan koperasi, termasuk dalam mengembangkan bisnis sejak dini," katanya.

Baca juga: Pemkab Sleman tingkatkan kapasitas insan koperasi
Baca juga: Dinas Koperasi UKM Sleman buka pendaftaran Seleksi Duta Koperasi 2023
Baca juga: Bupati Sleman : Koperasi dan UMKM Expo bantu bangkitkan ekonomi

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023