Jakarta (ANTARA) - Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada yang juga penggiat media sosial dr. Tirta Mandira Hudhi meminta masyarakat mewaspadai gejala penyakit GERD yang bisa dialami oleh semua kalangan, termasuk generasi muda.

dr. Tirta dalam rilis pers, Rabu, menjelaskan bahwa beberapa gejala GERD yang perlu diwaspadai, antara lain gigi berwarna kuning, air ludah berwarna hijau, nyeri dada, dan terasa panas di kerongkongan. GERD bisa dialami oleh generasi muda karena dipengaruhi gaya hidup bebas dan stres berkepanjangan.

"GERD dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat dan memperhatikan pola makan yang teratur seperti jaga kebiasaan makan, jam makan, dan pola makan," ucap dia.

Baca juga: Dokter: Gerd yang tidak diatasi bisa memicu asma tak kunjung sembuh

Selain itu, terdapat beberapa cara sederhana lainnya yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mengatasi GERD, seperti mengunyah permen karet untuk menurunkan tingkat keasaman di mulut, mengonsumsi air rebusan jahe untuk mengurangi gejala GERD, serta mengonsumsi susu yang dapat meredakan rasa mual di perut. Namun, bagi orang dengan intoleransi terhadap protein susu, disarankan untuk berhati-hati.

Penting pula bagi masyarakat untuk mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil secara perlahan. Hindari makanan pedas, berlemak, tomat, bawang-bawangan, dan cokelat karena dapat memicu naiknya asam lambung. Masyarakat juga diingatkan untuk menjaga berat badan ideal melalui olahraga teratur dan pola makan sehat.

Rokok, sebagai salah satu penyebab gejala GERD, juga harus dihindari. Nikotin dalam rokok dapat membuat esofagus bagian bawah mengendur dan meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Disarankan pula untuk tidak tidur setelah makan dan meninggikan kepala saat tidur dengan menggunakan bantal atau alas kepala tidur yang lebih tinggi dari kaki untuk mengurangi risiko terjadinya GERD.

dr. Tirta juga menyarankan untuk mengonsumsi suplemen herbal untuk mengatasi masalah asam lambung dan menjaga kesehatan pencernaan. Adapun suplemen herbal yang direkomendasikan adalah Freshmag.

"Freshmag ini mengandung kombinasi kunyit dan madu yang berkhasiat untuk mengatasi masalah asam lambung dan menjaga kesehatan pencernaan," ucapnya.

Freshmag, yang telah terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikasi Halal MUI, terbuat dari madu hutan dan ekstrak kunyit yang berfungsi membantu meredakan asam lambung, sakit maag, GERD, dan masalah lambung lainnya. Komposisi dari bahan alami ini diklaim dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama karena minim efek samping.

"Kami akan terus mengkampanyekan budaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan lambung. Sehingga ke depannya Freshmag juga akan hadir di berbagai kota untuk menyapa semua sahabat Freshmag," kata VP Marketing Ethos Reza Yazdi.

Baca juga: Tips jaga lambung untuk penderita GERD agar tetap nyaman saat berpuasa

Baca juga: Dokter paparkan kiat penderita GERD saat menjalani puasa Ramadhan

Baca juga: Penderita "long COVID" lebih sering mengalami masalah pencernaan

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023