Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri Raider Khusus 115/Macan Leuser(Yonif RK 115/ML) mengajak warga untuk mengibarkan bendera Merah Putih dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia (RI) ke-78 di Kampung Tirineri, Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah.

Dansatgas Yonif RK 115/ML Letkol Inf Raden Herman Sasmita dalam keterangan di Jayapura, Rabu, mengatakan bahwa kegiatan dilakukan untuk menyerukan rasa nasionalisme kepada warga yang berada di daerah tersebut agar lebih semangat menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023.

"Kegiatan ini juga merupakan program komunikasi sosial dimana seluruh pos jajaran Yonif RK 115/ML untuk mengajak masyarakat memasang bendera Merah Putih di rumah masing-masing dan sekeliling kampung,”katanya.

Menurut Raden, pihaknya menyadari juga bahwa warga di Kampung Tirineri kesulitan untuk menyiapkan bendera dikarenakan jarak antara kampung ke kota cukup jauh sehingga Satgas Yonif RK 115/ML melakukan pembagian bendera.

“Masyarakat sangat antusias sekali dengan adanya pembagian bendera Merah Putih tersebut, sehingga langsung dilakukan pemasangan,” ujarnya.

Dia menjelaskan terlihat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa turut serta memasang bendera Merah Putih tersebut, baik bendera berbahan kain dan plastik.

Sementara itu, salah satu warga Kampung Tirineri Lewanus Telenggen mengatakan sangat senang dengan adanya pembagian bendera Merah Putih tersebut karena pihaknya bisa menghiasi kampungnya sehingga dapat menimbulkan rasa cinta tanah air di hati setiap anak-anak.

"Kami bangga dan Bahagia karena kampung Tirineri menjadi indah dengan pemasangan bendera Merah Putih sehingga menimbulkan rasa cinta tanah air di hati anak-anak dan warga setempat,”katanya.

Sekadar diketahui, selain pembagian dan pemasangan bendera Merah Putih, Satgas Yonif RK 115 juga melakukan pengobatan gratis bertempat di Kampung Tirineri, Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Minggu (23/7).

 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023