penting memberikan edukasi kepada masyarakat baik dalam kegiatan daring maupun luring untuk bisa mengantisipasi kekeringan dari musim kemarau
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Karyatin Subiyantoro menilai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mempunyai peran penting untuk mengantisipasi dampak kekeringan akibat fenomena El Nino.

"Komisi A dengan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terutama BPBD memiliki andil besar memberikan kontribusi bagaimana mempersiapkan kalau terjadi kemarau  panjang," kata Karyatin saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Karyatin  mengatakan penting memberikan edukasi kepada masyarakat baik dalam kegiatan daring maupun luring untuk bisa mengantisipasi kekeringan dari musim kemarau.

Sebagai contoh, edukasi mengenai penghematan air dengan memanfaatkan lubang resapan air biopori sehingga tidak langsung dibuang ke saluran.

Selain itu, perlu juga  tindakan preventif dari BPBD untuk mengantisipasi bencana kebakaran yang kerap terjadi selama musim kemarau.

"Ketika musim kemarau berarti sangat memungkinkan rawan kebakaran hanya karena pemicu yang kecil," terangnya.

Selain itu, menurut dia, musim kemarau juga memicu kerawanan sosial yang berkaitan keamanan dan ketertiban umum sehingga juga perlu peran Satpol PP.

Dengan demikian, DPRD DKI Jakarta harus melakukan mitigasi melalui rapat koordinasi bersama semua SKPD agar bisa mempersiapkan diri menghadapi El Nino.

"Intinya terkait dengan pemerintahan umum baik RT, RW, lurah, camat sampai Gubernur itu harus mempersiapkan itu semua," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo meminta BUMN dan pemerintah daerah (pemda) untuk memperkuat dan memperbanyak anggaran pemberian bantuan sembako kepada masyarakat sebagai langkah mengantisipasi dampak fenomena cuaca El Nino.

"Kalau bisa memang punya anggaran bantuan sembako ke masyarakat diperkuat, diperbanyak. Karena apa, kita menghadapi El Nino yang tidak bisa kita hitung karena itu menyangkut iklim, sehingga harus didahulukan," kata Presiden Jokowi usai meninjau pasar rakyat di Lapangan Rampal Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Menurut Presiden Jokowi, anggaran penyediaan bantuan sembako harus didahulukan karena menyangkut dampak El Nino yang berpotensi mengganggu ketahanan pangan.
Baca juga: BPBD DKI ajak warga bantu penyintas kebakaran melalui "Abang Monas"
Baca juga: Banjir terjadi di dua RT di Jakarta Selatan
Baca juga: Korban kebakaran di bantaran rel harapkan bantuan seragam sekolah

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023