Total jamaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi hingga saat ini sebanyak 12 orang
Banda Aceh (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyebutkan jamaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi berjumlah 12 orang, menyusul meninggalnya seorang peserta haji asal Aceh Timur pada Senin (24/7) lalu.

“Total jamaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi hingga saat ini sebanyak 12 orang,” kata Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan, peserta haji yang belum lama ini meninggal yakni Nurjannah (50) asal Kabupaten Aceh Timur. Ia meninggal sekitar pukul 23.00 Waktu Arab Saudi di Rumah Sakit King Abdul Aziz, Mekkah.

Ia mengatakan Nurjannah merupakan peserta haji yang berada dalam kelompok terbang (kloter) 10-BTJ.

“Nurjannah seharusnya pulang ke Tanah Air pada 15 Juli 2023 lalu, namun ditunda karena alasan kesehatan dan dirujuk ke RS King Abdul Aziz, Mekkah,” kata Azhari.

Ia menambahkan, menurut sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, Nurjannah didiagnosa mengalami syok septis (septic shock) yang diakibatkan infeksi radang paru-paru (pneumonia).

Pihak maktab sudah melakukan proses fardu kifayah dan pengurusan jenazah.

"Alamarhum sudah dimakamkan di Syaraya. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan ditempatkan di sisi Allah subhanallahu wa ta'ala,” ujarnya.

Hingga kini, total 12 peserta haji yang meninggal dunia di Arab Saudi yakni masing-masing satu orang dari kloter 3, kloter 10 dan kloter 12, kemudian tiga orang dari kloter 4, masing-masing dua orang dari kloter 6, kloter 8 dan kloter 11.

Sejauh ini, ada empat jamaah haji Aceh yang masih menjalani perawatan yaitu masing-masing satu orang dari kloter 12, kloter 8, kloter 5 dan kloter 2.

Pada tahun ini, PPIH Embarkasi Aceh memberangkatkan sebanyak 4.561 peserta haji dan petugas, yang terbagi dalam 12 kloter. Saat ini, kloter 1 hingga 11 sudah kembali ke Tanah Air dengan jumlah 4.296 orang.

Kemudian, ada 12 orang peserta haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi, empat orang masih dirawat di rumah sakit dan dua orang peserta haji mutasi antar-embarkasi.

“Insya Allah, kloter 12 ini berangkat dari Arab Saudi tanggal 30 Juli dan tiba di Aceh pada 31 Juli,” demikian Azhari.

Baca juga: PPIH sebut pelayanan haji lansia asal Aceh sudah berjalan maksimal

Baca juga: Lagi, anggota jamaah haji asal Lhokseumawe meninggal dunia di Madinah

Baca juga: PPIH: 256 jamaah haji Aceh masih di Arab Saudi, empat dalam perawatan

Baca juga: Satu jamaah haji Kloter BTJ-08 Aceh meninggal di Mekkah

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023