almarhumah dimakamkan di Syaraya
Banda Aceh (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh menyebut seorang jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-08 asal Aceh Utara, Nurhayati Amin Hanafi (48) meninggal di Mekkah.

Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari di Banda Aceh, Selasa, mengatakan informasi meninggal Nurhayati Amin Hanafi disampaikan petugas kloter 08-BTJ Munzir melalui aplikasi pesan daring.

"Nurhayati Amin Hanafi meninggal dunia di Arab Saudi, Senin 3 Juli 2023, jam 14.00 waktu setempat," kata Azhari.

Jamaah haji pemegang paspor E1020300 tersebut berasal dari Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara. Ia meninggal dunia di Mekkah Medical Center, Mekkah.

Menurut sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, Nurhayati didiagnosa mengalami serangan jantung (Infarct myocardial) dan syok jantung (cardiogenic shock).

"Almarhumah juga memiliki riwayat penyakit gula dan hipertensi," ujarnya.

Baca juga: Seorang calon haji Aceh meninggal di Mekkah karena serangan jantung
Baca juga: Satu calon haji asal Lhokseumawe meninggal di Madinah


Nurhayati sempat dirawat di Rumah Sakit King Abdullah sejak Jumat (30/6). Sebelumnya pernah dirawat di Rumah Sakit Mina Al-Wadee, Mekkah, selama dua hari sejak Rabu (28/6).

"Almarhumah dipindahkan dari RS King Abdullah ke RS Makkah Medical Center pada hari Minggu, 2 Juli 2023. Menurut pihak RS agar penanganan pasien lebih maksimal mengingat sarana prasarana di RS Mekkah Medical Center lebih lengkap," katanya.

Ia juga memastikan Nurhayati telah melaksanakan rukun dan wajib haji. Terkait pelaksanaan Armuzna, Nurhayati sudah melaksanakannya, kebetulan ada suami almarhumah dan dalam kondisi sehat.

Petugas kloter bersama pihak maktab juga sudah melakukan proses fardu kifayah dan pengurusan jenazah.

"Almarhumah dimakamkan di Syaraya. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan ditempatkan di sisi Allah subhanallahu ta ala," ujar Azhari.

Azhari menambahkan jamaah haji asal daerah paling barat Indonesia itu yang meninggal dunia di Arab Saudi menjadi tujuh orang.

Di sisi lain, sebanyak 393 orang jamaah haji Aceh kloter BTJ-01 dijadwalkan kembali Tanah Air pada Selasa (4/7), dan akan tiba sekitar pukul 22.55 WIB melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

Baca juga: Wakil Ketua MPR ucapkan belasungkawa kepada jamaah yang wafat
Baca juga: Timwas Haji DPR sebut jumlah nakes haji 2023 belum optimal
Baca juga: Kemenkes imbau peserta ibadah haji istirahat usai prosesi Armuzna

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023