berperan besar dalam meningkatkan reputasi USK di dunia internasional
Banda Aceh (ANTARA) - Enam Program Studi (Prodi) dari tiga fakultas dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala (USK) meraih Akreditasi Internasional dari Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN kata Ketua Tim Akreditasi Internasional USK Prof Muslim Akmal.

Adapun keenam prodi tersebut yakni Pendidikan Dokter Hewan, Pendidikan Profesi Dokter Hewan, Pendidikan Dokter, Pendidikan Profesi Dokter, Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners.

“Akreditasi internasional ini merupakan sebuah capaian penting karena memberikan dampak yang positif, dalam upaya USK untuk memperoleh pengakuan internasional menuju world class university,” kata Prof Muslim Akmal di Darussalam, Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan status akreditasi internasional untuk ke enam prodi yang tersebar di tiga fakultas yakni Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Keperawatan mulai berlaku sejak tanggal 23 Juni 2023 sampai dengan 14 Juli 2024

Ia mengingatkan agar sivitas dari ketiga fakultas tersebut untuk tidak berpuas diri dengan capaian akreditasi internasional tersebut. Di mana prestasi itu harus terus dipertahankan dengan komitmen kuat dan semangat kebersamaan yang telah terjalin selama ini.

“Kita akan terus berusaha untuk memperoleh pengakuan lima tahun, dan tim ketiga fakultas yang terlibat akan berupaya keras untuk mewujudkan cita-cita itu,” katanya.

Baca juga: Tiga program studi pascasarjana UI raih akreditasi internasional
Baca juga: Kemendikbud: IABEE bantu prodi teknik raih akreditasi internasional


Rektor USK Prof Marwan mengatakan akreditasi internasional itu sangatlah berarti bagi USK secara institusi, karena akreditasi tersebut setidaknya menjelaskan kepada masyarakat luas bahwa standar layanan dan mutu pendidikan di kampus ini telah diakui dunia internasional.

Menurut dia capaian enam prodi USK itu semakin melengkapi prestasi akreditasi internasional yang berhasil diraih dua prodi USK sebelumnya yaitu prodi Teknik Kimia dan Teknik Elektro, dari Indonesian Accreditation Board for Engineering (IABEE).

Rektor berharap capaian akreditasi internasional tersebut menjadi motivasi bagi seluruh prodi yang ada di USK untuk terus meningkatkan standar layanan dan mutu pendidikannya.

“Kita sangat bersyukur, karena upaya-upaya kita selama ini untuk mendorong mutu pendidikan telah membuahkan hasil seperti akreditasi internasional ini, yang tentu saja berperan besar dalam meningkatkan reputasi USK di dunia internasional,” katanya.

Baca juga: L2Dikti: Wujudkan akreditasi internasional UMSU
Baca juga: 18 program studi UIN Yogyakarta raih akreditasi internasional
Baca juga: Empat prodi PCU dapatkan akreditasi internasional AQAS dan IABEE


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023