Washington (ANTARA) - Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada Rabu (26/7/2023) bahwa staf bank sentral tidak lagi memperkirakan resesi AS, dan "kami memiliki kesempatan" agar inflasi kembali ke target tanpa tingkat kehilangan pekerjaan yang tinggi.

Powell mengatakan pada konferensi pers setelah kenaikan suku bunga terbaru The Fed bahwa "masih banyak yang harus dilakukan" untuk melihat soft landing seperti itu.

"Jadi staf sekarang mengalami perlambatan pertumbuhan yang nyata mulai akhir tahun ini menurut perkiraan, tetapi mengingat ketahanan ekonomi baru-baru ini, mereka tidak lagi memperkirakan resesi," katanya.

Staf Fed November lalu memperkenalkan gagasan bahwa resesi mungkin "hampir sama kemungkinannya" dengan pandangan dasar mereka pada saat pertumbuhan di bawah tren, risalah Fed menunjukkan. Pada Maret, setelah gejolak sektor perbankan yang baru saja dipicu oleh runtuhnya Silicon Valley Bank awal bulan itu, mereka langsung memprediksi "resesi ringan" akhir tahun ini.

Pergeseran oleh staf ke hasil dasar yang kurang pesimis untuk ekonomi sejalan dengan peningkatan prospek oleh sejumlah ekonom sektor swasta dalam beberapa pekan terakhir yang telah melakukan hal yang sama dalam mengakui ketahanan ekonomi dalam menghadapi kenaikan suku bunga Fed sebesar 5,25 poin persentase sejak Maret 2022.

Banyak orang yang telah menempatkan probabilitas rendah pada The Fed untuk mencapai soft landing sekarang melihatnya sebagai hasil yang lebih mungkin daripada resesi.

Perkiraan konsensus di antara para ekonom yang disurvei oleh Reuters adalah pembacaan pertama produk domestik bruto Kamis untuk periode April hingga Juni akan menunjukkan output tumbuh pada tingkat tahunan 1,8 persen, kurang lebih setara dengan tingkat 2,0 persen yang dicatat dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Pembuat kebijakan Fed sendiri sedikit meningkatkan penilaian aktivitas mereka di samping keputusan kenaikan suku bunga mereka pada Rabu (26/7/2023). Mereka menggambarkan aktivitas baru-baru ini sebagai indikasi tingkat pertumbuhan "moderat", sedangkan dalam pernyataan kebijakan sejak September lalu mereka menyebut pertumbuhan aktivitas sebagai "rendah".


Baca juga: Fed naikkan suku bunga, biarkan pintu terbuka untuk kenaikan September
Baca juga: Wall St beragam karena Fed biarkan pintu terbuka untuk kenaikan
Baca juga: Minyak jatuh setelah Fed naikkan suku bunga, stok AS turun lebih kecil

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023