Jakarta (ANTARA News) - Dua pemegang saham PT Matahari Department Store Tbk, Asia Color Company Limited dan PT Multipolar Tbk, akan melepas 1,342 miliar sahamnya di perusahaan ritel tersebut.

Matahari Depertement Store dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa, menyebutkan bahwa penawaran saham oleh ACC dan Multipolar itu mencakup penawaran dasar sejumlah 1,167 miliar saham dan tambahan saham (over-allotment) hingga 175,07 juta lembar dengan harga Rp10.850 per saham.

Harga penawaran ini ditentukan berdasarkan proses penetapan harga selama roadshow dengan investor-investor dari berbagai institusi global.

Lebih dari 200 investor dari berbagai institusi berpartisipasi dalam penawaran itu, dimana di antaranya 15 investor cornerstone.

Investor cornerstone ini merupakan investor terkemuka dari berbagai institusi global termasuk PT Schroders Indonesia, Capital Group, Fidelity, dan Blackrock.

Sebelum penawaran, publik memiliki 1,85 persen saham perseroan atau sebanyak 53, 976 juta saham. Setelah penjualan itu, nantinya publik termasuk pemegang saham baru akan memiliki 41,8 persen atau sebanyak 1,221 miliar saham Matahari.

Apabila harga saham memiliki kinerja yang baik setelah penawaran, opsi penjatahan akan dilakukan, dan akan mengakibatkan ACC melepaskan tambahan saham sebesar enam persen dari total saham yang telah ditawarkan.

Dengan demikian, bila opsi penjatahan dilaksanakan, publik akan memiliki 47,85 saham Matahari atau sebanyak 1,396 miliar saham.

(A011/B012)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013