mengoptimalkan berkembangnya potensi penanaman modal dan investasi
Jakarta (ANTARA) - Unit Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PMPTSP) Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan memanfaatkan kode batang (QR Code) untuk mempermudah layanan perizinan dan non perizinan.

"Hari ini kami merilis inovasi Sistem Informasi QR Code Terintegrasi (SI-QOIN) sebagai transformasi layanan perizinan dan non perizinan," kata Kepala Unit Pelaksana PTSP Kecamatan Cilandak, Lindawaty saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Linda menjelaskan, pemanfaatan kode batang ini karena praktis dalam mengakses informasi dan kemampuannya untuk menyimpan data dengan aman.

Dia berharap proses perizinan akan lebih mudah diakses, cepat, efisien dan akurat karena terintegrasi dengan layanan aplikasi WhatsApp untuk pengaduan dan konsultasi, laman layanan perizinan jakevo.jakarta.go.id maupun perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik (online single submission/OSS).

Ia menjelaskan, pemohon hanya perlu sekali memindai kode batang (barcode) untuk dapat mengakses layanan sehingga meningkatkan efisiensi dan transparansi pelayanan publik.

Baca juga: DPMPTSP DKI hadir di Jakarta Fair beri layanan asistensi perizinan

Terlebih, pihaknya mengajak sebanyak 200 pengusaha untuk mendapatkan sosialisasi perizinan dan merasakan layanan konsultasi di POINTS MALL. Jumlah nomor induk berusaha (NIB) yang terbit untuk pedagang di POINTS MALL sebanyak 25 NIB.

"Para pengusaha diberikan kesempatan untuk mencoba langsung bagaimana QR Code dapat memudahkan mereka," katanya. 

Selanjutnya, pihaknya juga memberikan layanan konsultasi dan pendampingan perizinan yaitu NIB serta izin lanjutan sesuai dengan tingkat risiko kegiatan usahanya.

Nantinya, dia menyebut, akan kolaborasi dengan pengelola gedung perkantoran di Kecamatan Cilandak serta rutin melakukan evaluasi.

Inovasi ini juga dalam rangka menyukseskan pembangunan zona integritas (ZI), wilayah bebas dari korupsi (WBK), serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBK) di Kecamatan Cilandak yang merupakan wilayah yang secara zonasi merupakan wilayah potensial berkembang menjadi komersil.

Baca juga: PTSP Kecamatan Makassar luncurkan aplikasi layanan perizinan dokter

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan inovasi SI-QOIN ini dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat dan pengusaha di Kecamatan Cilandak.

"Dengan kemudahan ini dapat mengoptimalkan berkembangnya potensi penanaman modal dan investasi di Kecamatan Cilandak," katanya. 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023