Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta melanjutkan program "PTSP Goes to Mall" dengan hadir di AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan, mulai Jumat hingga Minggu (12/11).

Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan, selain mendekatkan layanan kepada masyarakat, hadirnya "PTSP Goes to Mall" sekaligus memberikan kemudahan dalam urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan/nonperizinan.

"Kegiatan ini akan terus berlanjut di berbagai ruang publik lainnya sebagai solusi bagi warga Jakarta yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk berkonsultasi maupun mengurus perizinan atau nonperizinan di Jakarta," kata Benni.

"PTSP Goes to Mall" atau Penyelenggaraan PTSP di ruang publik merupakan inovasi di bidang pelayanan publik yang telah meraih "Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik" (KIPP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Program ini telah dikembangkan pelaksanaannya sehingga bukan saja di pusat perbelanjaan, melainkan juga dilaksanakan di ruang publik lainnya seperti rumah sakit, pasar, taman, RPTRA/RTH, pelabuhan perikanan Muara Angke, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (car free day) dan lainnya.

"Program 'PTSP Goes to Mall' telah berhasil mematahkan stigma mengurus perizinan itu sulit dan berbelit. Dengan hadirnya kami di pusat-pusat kegiatan masyarakat secara berkesinambungan dan masif, masyarakat menjadi teredukasi bahwa kini mengurus perizinan/non perizinan itu prosesnya mudah," ujar Benni.

Baca juga: Heru ajak pihak terkait untuk sempurnakan sistem perizinan bangunan
Baca juga: DPMPTSP DKI suguhkan dongeng soal perizinan di Jakarta Innovation Days


General Manager Mall Operation, AEON Mall Tanjung Barat Amelia mengapresiasi kegiatan "PTSP Goes to Mall" sebagai pendekatan positif pemerintah. Tidak hanya memberikan edukasi di ruang publik, namun juga dapat memudahkan para pelaku usaha di dalam mall jika ada yang membutuhkan.

“Program ini kami harap dapat berdampak untuk mengedukasi pengunjung bahkan para pelaku usaha, melalui program 'PTSP Goes to Mall' para pelaku usaha akan mendapat informasi yang akurat dari pihak yang terkait," kata Amelia.

Sebelum hadir di AEON Mall Tanjung Barat, kegiatan yang sama juga telah dilakukan di Senayan City, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, program "PTSP Goes to Mall" akan menyambangi AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta Timur, pada 17-19 November dan Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada 24-26 November.
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023