Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa peringatan HUT ke-64 Kementerian PAN-RB pada Kamis, merupakan sarana untuk menggelorakan semangat reformasi birokrasi berdampak.

Anas mengatakan layaknya kapal yang mengarungi samudera, 64 tahun sudah ombak dan badai dilalui dengan semangat dan kerja keras seluruh pegawai dan jajaran Kementerian PAN-RB dalam menggerakkan reformasi birokrasi di Indonesia.

"Keringat, dedikasi, dan kontribusi teman-teman semua selalu membersamai berjalannya kapal ini untuk terus melaju, menerjang gelombang-gelombang arus di tengah lautan. Tujuannya hanya satu, mengawal reformasi birokrasi agar dapat berlabuh di dermaga kesuksesan bangsa ini," ujar Azwar Anas dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan peringatan hari jadi ke-64 tahun ini tidak hanya sebagai forum untuk mengenang masa lalu.

Anas menilai secercah harapan yang lahir 64 tahun lalu, kini menjadi garda terdepan kunci kesuksesan bangsa ini.

Untuk itu, mantan Bupati Banyuwangi ini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga Kementerian PAN-RB yang telah berjuang dan berdedikasi tiada henti, membersamai Kementerian PAN-RB selama berpuluh-puluh tahun untuk terus mendorong masa depan birokrasi.

"Ingatlah, tanpa bapak/ibu sekalian, kapal Kementerian PAN-RB tidak akan berlabuh pada dermaga yang kita cita-citakan bersama," katanya.

Anas juga meminta masyarakat Kementerian PAN-RB terus mematri rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kementerian PAN-RB. Rasa cinta dan bangga terhadap Kementerian PAN-RB ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdas sesuai dengan tugas pokok masing-masing pegawai.

Hal ini disampaikan Anas lewat pantun singkat sambil menutup sambutannya. "Buah tomat buah mengkudu, dibelah dua diisi keju. Selamat ulang tahun KemenPAN-RB-ku, semakin jaya dan teruslah maju," pungkas Anas.

Peringatan HUT Kementerian PAN-RB tahun ini mengusung tema "Bergerak Serempak untuk Reformasi Berdampak". Bersamaan dengan peringatan hari jadi ini, dilakukan pencanangan Change.

Simbol "C" (Change) mengandung pengertian bahwa Kementerian PAN-RB sebagai penggerak/prime mover pelaksanaan reformasi birokrasi terus konsisten menciptakan dan mendorong perubahan bersama serempak seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kini, reformasi birokrasi bergerak lebih berdampak dengan langsung menyasar pada manfaat yang dirasakan masyarakat.

Simbol C (Change) juga mengandung arti bahwa ASN Kementerian PAN-RB atau seluruh ASN, baik secara individu, institusi maupun sistem, terus konsisten melakukan perubahan dan pembaharuan menjadi lebih baik, lebih melayani, dan profesional sejalan dengan core values ASN Ber-AKHLAK.

Selain logo Change, juga dilakukan peluncuran e-Book Panduan Perilaku Ber-AKHLAK di Kementerian PAN-RB.

Rangkaian acara Hari Jadi Kementerian PAN-RB akan berlangsung mulai 27 Juli hingga 17 Agustus 2023, bertepatan dengan HUT ke-78 RI.

Sekretaris Kementerian PAN-RB Rini Widyantini mengatakan sebagai rangkaian HUT Kementerian PAN-RB akan digelar lomba porseni, antara lain bola voli, bulu tangkis, tenis meja, lomba karaoke, dan lomba MC.

"Selain itu, akan dilaksanakan pula lomba kebersihan dan kerapian ruangan kerja," pungkas Rini.
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023