...Sulbar aman dari aksi unjuk rasa, berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia, yang daerahnya selalu diramaikan demo buruh."
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah di Provinsi Sulawesi Barat menyatakan Sulbar aman dari demonstrasi buruh.

"Pemerintah di Sulbar menilai, Sulbar aman dari aksi unjuk rasa, berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia, yang daerahnya selalu diramaikan demo buruh," kata Asisten III Pemerintah Provinsi Sulbar, Darwin Yusuf di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, Sulbar aman dari demontrasi para buruh karena telah tercipta hubungan kerja harmonis antara pekerja, serikat pekerja, dan pengusaha.

"Telah tercipta hubungan kerja yang baik, antara pekerja, serikat pekerja, pengusaha, sehingga bila ada masalah diselesaikan secepatnya tanpa ada kerugian," katanya.

Ia mengatakan, dalam penetapan upah minimun provinsi (UMP) di Sulbar tidak ada protes dari pekerja karena semua sudah terkoordinasi dan terkomunikasikan dengan baik sehingga UMP bisa diterima pekerja.

Menurut dia, hal itu sangat diinginkan bersama karena tercipta situasi harmonis dan kehidupan berjalan harmonis aman dan damai, tanpa ada unjuk rasa sehingga hubungan kerja yang baik itu harus terus dipertahankan.

"Inilah yang diinginkan saling harmonis, karena dua-duanya saling membutuhkan baik itu pekerja dan pengusaha, tanpa ada pekerja pengusaha tidak dapat berbuat apa-apa begitupun sebaliknya," katanya.

Ia mengatakan, dengan hubungan yang baik itu maka akan menjadi modal dalam memajukan pembangunan di Sulbar agar terus mengalami peningkatan. (*)

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013