Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Bandar Udara Internasional Tianfu, Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, Republik Rakyat Tiongkok, Kamis pukul 14.40 waktu setempat.

Usai menempuh penerbangan sekitar 5 jam, Presiden dan Ibu Iriana tiba di bandara dengan cuaca hujan gerimis, berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Kamis.

Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Djauhari Oratmangun dan Atase Pertahanan KBRI Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny P. Nadeak masing-masing beserta istri menyambut ketibaan Presiden dan Ibu Iriana di bawah tangga pesawat.

Dari pihak RRT, Menteri Pendidikan RRT Huai Jinpeng, Duta Besar RRT untuk RI Lu Kang beserta istri, dan Gubernur Provinsi Sichuan Huangqiang turut menyambut Presiden dan Ibu Negara.

Ketibaan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga disambut meriah oleh sejumlah pelajar RRT yang berbaris mengantarkan keduanya menuju kendaraan.

Dari bandara, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel, tempatnya bermalam selama kunjungan di Chengdu.

Setibanya di sana, tampak menyambut yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono, Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid, dan DCM KBRI Beijing Dino R. Kusnadi beserta istri.

Presiden akan bertemu Presiden RRT Xi Jinping guna membahas penguatan dan peningkatan kerja sama kedua negara.

"Pagi ini saya bersama dengan ibu negara dan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Chengdu di RRT," ujar Presiden dalam keterangannya menjelang keberangkatan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis.

Presiden menjelaskan bahwa kunjungannya ke Chengdu untuk memenuhi undangan Presiden Xi Jinping dan juga bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia-Tiongkok.

Jokowi mengatakan RRT adalah mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia.

Di Chengdu, Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping untuk membahas sejumlah agenda prioritas, baik di bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT, juga di bidang perdagangan dan kesehatan, serta isu-isu regional dan global.

Jokowi juga akan menghadiri pembukaan FISU World University Games untuk menyemangati kontingen Indonesia yang juga berlaga di sana.

Jokowi diperkirakan tiba kembali di Tanah Air pada hari Sabtu, 29 Juli 2023.

Baca juga: Presiden Jokowi: Penggantian Menlu China urusan dalam negeri
Baca juga: Presiden Jokowi bertolak ke China temui Xi Jinping

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023