Sintang (ANTARA) - Sebanyak 48 orang anggota Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) siap mengikuti pemusatan pendidikan dan latihan dalam rangka persiapan untuk upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023.

"Anggota Paskibraka yang juga duta pancasila itu wajib menginap untuk fokus mengikuti pemusatan latihan selama dua minggu," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Sintang Syarief Yasser Arafat, di Sintang, Kamis.

Untuk diketahui, Paskibraka yang terpilih tersebut nantinya akan bertugas dalam pengibaran dan penurunan bendera merah putih saat upacara peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Disampaikan Syarief, pemusatan latihan perlu benar-benar dipersiapkan dan menjadi perhatian pemerintah daerah.

"Pembukaan pemusatan latihan nanti sekaligus peluncuran untuk pembagian bendera merah putih kepada masyarakat, jadi dua kegiatan itu harus benar-benar sukses," pinta Syarief.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sintang Kusnidar mengatakan untuk Paskibraka Sintang ada 48 orang yang terdiri dari 30 putra dan 18 putri.

"Anggota paskibraka itu nanti akan segera dikukuhkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa pada Badan Kesbangpol Sintang Fransiska Leni Marlina menjelaskan 48 orang anggota Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sintang akan di cek kesehatan untuk sebelum mengikuti pemusatan latihan dan pendidikan.

"Kami akan lakukan cek ulang terkait kesehatan mereka dengan harapan para anggota paskibraka tersebut benar-benar maksimal nantinya untuk mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan," jelas dia.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023