Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 160 mahasiswa asal Papua Nugini (PNG) menerima beasiswa dari Indonesia dan sedang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi.

Duta Besar RI untuk Papua Nugini (PNG) Andriana Supandi kepada Antara, Kamis, mengatakan jumlah mahasiswa asal PNG yang menerima beasiswa terus bertambah dan mereka tersebar di berbagai kota.

Mahasiswa asal PNG itu mendapat beasiswa dari pemerintah Indonesia dan juga ada dari perguruan tinggi tempatnya menuntut ilmu.

Jumlah penerima beasiswa akan terus bertambah karena saat Presiden Jokowi berkunjung ke Port Moresby tanggal 5 Juli lalu telah dilakukan penandatanganan kerjasama di bidang pendidikan yang dilakukan Menlu Retno Marsudi mewakili Mendikbud Nadiem Makarim, kata Dubes Supandi.

Baca juga: Pemuda dari negara-negara sahabat belajar tari Banyuwangi

Baca juga: BRIN harapkan periset-pelajar optimalkan kesempatan studi ke Jepang


Dubes PNG yang dihubungi dari Jayapura itu menjelaskan, kota-kota tempat mahasiswa asal PNG menuntut ilmu itu di antaranya Di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan serta Papua Barat.

Selain memberikan beasiswa, Indonesia juga membuka kesempatan kepada pemuda PNG untuk mengikuti pelatihan ketrampilan di balai latihan kerja yang ada di Jayapura.

Pelatihan yang diberikan sesuai keinginan mereka dan dilaksanakan selama tiga bulan.

"Sekembalinya mereka ke PNG maka dapat langsung bekerja atau membuka lapangan kerja sendiri," kata Dubes Andriana Supandi.*

Baca juga: Indonesia perbaharui kerja sama riset dengan Jepang

Baca juga: 124 peserta terpilih calon penerima beasiswa nongelar MOSMA 2023

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023