Tangerang (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Banten, Jamaluddin mengatakan implementasi Kurikulum Merdeka membawa kebermanfaatan bagi sekolah di antaranya siswa lebih kontekstual dan mengenal lingkungannya.

"Selain itu, siswa juga lebih bebas menentukan pembelajaran yang akan mereka laksanakan," kata Jamaluddin di Tangerang, Kamis.

Baca juga: Implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Tangerang sudah 100 persen

Menurut dia, Kurikulum Merdeka juga membentuk anak menjadi lebih bebas mengeksplorasi minat dan bakat dengan bantuan guru.

"Dengan demikian, anak dapat lebih cepat mengenal kemampuan dirinya dan guru dapat lebih tepat melakukan pengarahan atau pendampingan sesuai kapasitas yang dimiliki setiap anak," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang pastikan penuhi daya dukung Kurikulum Merdeka

Jamaluddin juga menuturkan bahwa seluruh sekolah di Kota Tangerang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka mulai dari PAUD, TK, SD hingga SMP, baik negeri maupun swasta. "Sudah 100 persen menerapkan Kurikulum Merdeka," ujarnya.

Untuk jenjang SD, implementasi Kurikulum Merdeka telah diterapkan pada siswa kelas I, II, IV, dan V. Sedangkan, untuk jenjang SMP telah diterapkan bagi siswa kelas VII dan VIII.

Baca juga: Sekda: 62 satuan pendidikan di Kota Tangerang jadi Sekolah Penggerak

"Dinas Pendidikan kini tengah memperluas implementasi Kurikulum Merdeka untuk dapat diterapkan di seluruh jenjang dan pendidikan, baik SD maupun SMP," ujarnya.
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023