selain sebagai peningkatan pelayanan kepada masyarakat, ini juga mencegah terjadinya pemadaman di Tifure
Ternate (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate menambah satu unit mesin pembangkit listrik berkapasitas 100 kVA untuk memperkuat keandalan listrik kawasan Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T) Tifure, Pulau Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula dihubungi di Ternate, Kamis, mengatakan penambahan mesin dengan kapasitas daya sebesar 100 kVA itu untuk memperkuat sistem kelistrikan di Tifure yang masuk kawasan 3T.

"Ini bagian dari langkah strategis kami, selain sebagai peningkatan pelayanan kepada masyarakat, ini juga mencegah terjadinya pemadaman di Tifure," kata Awat.

Dia berharap melalui upaya ini, masyarakat bisa menikmati listrik tanpa padam, serta memanfaatkannya sebagai peluang penunjang perekonomian di daerah tersebut.

Sementara itu, Manajer PLN UP3 Ternate Eka Panji Saptaprasetya menjelaskan sebelum dioperasikan, mesin pembangkit listrik yang merupakan Unit Genset Mobile siaga ex Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke-20 di Papua tahun 2022 ini telah melalui proses mobilisasi yang panjang.

Baca juga: 119 keluarga di Maluku Maluku Utara nikmati sambungan listrik gratis

Pemindahan melibatkan petugas teknis PLN, dibantu puluhan warga setempat demi memperlancar pemindahan mesin pembangkit listrik.

"Saat pemindahan itu, kami bisa melihat betapa antusias warga yang ikut membantu. Hal ini juga menjadi penambah semangat untuk petugas PLN dalam menyelesaikan proses instalasi mesin yang membutuhkan langkah cepat tanpa mengesampingkan faktor keselamatan dan kesehatan kerja petugas yang terlibat," ujar Eka.

Setelah pemindahan itu, mesin pembangkit berhasil terintegrasi dan diinstal.

Segera setelahnya, petugas mulai melakukan pembebanan sesuai dengan standard operating procedur (SOP) yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah, atas kerja keras serta kerja sama yang melibatkan petugas kami beserta masyarakat di Tifure, mesin yang yang telah kita rencanakan untuk memperkuat sistem kelistrikan Tifure, Pulau Batang Dua, telah sukses dioperasikan tanpa ada kekurangan," tambah Eka.

Baca juga: Rasio elektrifikasi desa berlistrik Maluku-Malut dekati 100 persen

Baca juga: Pulau Obi Maluku Utara dialiri listrik 24 jam, ekonomi warga meningkat


 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023