“Bendera merah putih sebagai identitas bangsa Indonesia yang selama bulan kemerdekaan ini akan dikibarkan di seluruh wilayah NKRI,”
Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang berharap pembagian sebanyak 2.424 lembar bendera merah putih yang disebar ke setiap kecamatan dapat menumbuhkan semangat patriotisme dan rasa cinta tanah air.

“Bendera merah putih sebagai identitas bangsa Indonesia yang selama bulan kemerdekaan ini akan dikibarkan di seluruh wilayah NKRI,” kata Pudjirustaty di Pulang Pisau, Jumat.

Dia mengimbau kepada seluruh pimpinan OPD, camat, kepala desa, lurah, dan BUMN agar memerintahkan seluruh ASN dan pegawai lain di lingkungan masing-masing, serta mengajak masyarakat mengibarkan bendera merah putih selama satu bulan penuh.

“Pengibaran serentak dimulai 1-31 Agustus 2023 di kediaman masing-masing, sebagai bentuk cinta tanah air kita kepada bangsa dan negara,” ucapnya.

Pencanangan gerakan pengibaran bendera merah putih ini, terang Pudjirustaty, juga sebagai rangkaian tindak lanjut surat Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Perihal yang disampaikan, gerakan pembagian bendera merah putih di seluruh tanah air ini, untuk menumbuhkan semangat patriotisme, nasionalisme, serta meningkatkan rasa kesatuan dan cinta tanah air.

Menurut Pudjirustaty, pembagian bendera ini dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan diharap semangat kebangsaan dapat terus tumbuh sehingga menjadi fondasi kuat bagi kemajuan Kabupaten Pulang Pisau.

Pada bulan kemerdekaan Republik Indonesia, kata dia, mengingatkan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.

"Segala perbedaan adalah keberagaman yang menjadi kekuatan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Pulang Pisau," tegasnya.

Pembagian simbolis bendera merah putih diserahkan Bupati Pudjirustaty Narang dalam kegiatan seremoni di aula Dinas Kesehatan yang juga dihadiri unsur Forkopimda. Masing-masing kecamatan menerima sebanyak 300 lembar bendera merah putih untuk dikibarkan serentak mulai 1 Agustus 2023.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Adi Waskito
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023