Tentunya tujuan kegiatan ini hal yang mulia untuk membangkitkan semangat nasionalisme dalam menyambut peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023.
Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memastikan mendukung gerakan nasional pembagian 10 juta Bendera Merah Putih kepada masyarakat jelang perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023.
 
Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalsel, Heriansyah di Banjarbaru, Jumat, Pemprov Kalsel dipastikan ikut ambil bagian untuk menyukseskan program dari Kementerian Dalam Negeri tersebut.

Komitmen itu pun, ungkap dia, sudah disampaikannya mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pada rapat koordinasi secara virtual terkait itu dengan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri pada hari ini.
 
Sebagaimana disampaikan Kemendagri, rapat koordinasi ini sebagai evaluasi persiapan dilaksanakannya gerakan pembagian 10 juta bendera merah di seluruh provinsi di negeri ini pada bulan Agustus 2023.
 
Tentunya tujuan kegiatan ini hal yang mulia untuk membangkitkan semangat nasionalisme dalam menyambut peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023.
 
Heriansyah menyampaikan Pemprov Kalsel pun dalam membangkitkan semangat nasionalisme ini melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya pada Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, pada telah melaunching kampung atau kelurahan merah putih.
 
"Kami sudah juga bagikan sepuluh ribu bendera merah putih di Banjarmasin, dan pada tanggal 1 Agustus akan dilaksanakan pemasangan 5.000 bendera merah putih sepanjang medium jalan negara sekitar 5 kilo meter di Kabupaten Tanah Bumbu," kata Heriansyah.
 
Nantinya, pada momen HUT RI ke-78 juga akan ada juga even kampung patriot setiap kelurahan atau pun kecamatan yang akan diberikan penghargaan oleh setiap wali kota maupun bupati bagi kampung patriot terpilih.
 
"Untuk saat ini, kami juga telah meminta kepada pemerintah kabupaten atau kota setiap kantor-kantor pemerintahan untuk membuat atribut kemeriahan nuansa merah putih," demikian kata Heriansyah.

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023