"Pemerintah pusat melalui Kemendagri khususnya Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum memberikan penghargaan kepada 19 kepala daerah yang terdiri dari 5 gubernur, 5 walikota dan 9 bupati di Tanah Air,"
Pekanbaru (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru karena ikut berpartisipasi dalam gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih kepada masyarakat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) RI John Wempi Wetipo dan diterima oleh Pj Wali Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution di Jakarta, Jumat.

Pembagian Bendera Merah Putih gratis tersebut dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI, Agustus 2023 dan Kota Pekanbaru menjadi salah satu daerah di Tanah Air yang ikut berpartisipasi. Tercatat lebih dari 19 ribu lembar bendera yang dibagikan.

"Pemerintah pusat melalui Kemendagri khususnya Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum memberikan penghargaan kepada 19 kepala daerah yang terdiri dari 5 gubernur, 5 walikota dan 9 bupati di Tanah Air," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Syoffaizal.

Ia mengatakan syukur Kota Pekanbaru menjadi salah satu yang ikut berpartisipasi dan mendapatkan penghargaan dari Kemendagri.

Syoffaizal menjelaskan ini sebagai bentuk penghargaan dari Kemendagri untuk kepala daerah yang dianggap mensukseskan pembagian 10 juta bendera dalam rangka hari kemerdekaan RI ke-78.

"Ada beberapa kriteria yang dibuat oleh Kemendagri sehingga Pekanbaru terpilih. Itu lah tadi kita diberikan penghargaan. Yang lain juga banyak yang bagus, bukan tidak bagus yang lain. Namun dari yang bagus mungkin Kemendagri memilih yang 19 saja, wali kota hanya 5. Di Sumatera juga hanya dua yaitu Lhokseumawe dan Pekanbaru," katanya.

Karena dianggap sukses Pemerintah Kota Pekanbaru berencana melanjutkan program bagi-bagi bendera gratis pada tahun depan dengan jumlah yang lebih banyak, 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023