Pekanbaru, (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau, segera menyalurkan bantuan beasiswa tahap dua bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu yang tidak terakomodasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni 2023.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Pekanbaru Tri Sepna Saputra menyebutkan saat ini penyaluran bantuan beasiswa itu masih menunggu proses pemakaian APBD Perubahan 2023. Namun, dia memastikan akan dibayarkan tahun ini.

"Yang jelas, sebelum akhir tahun ini sudah dibayarkan, karena anggarannya sudah tersedia dalam APBD Perubahan," katanya di Pekanbaru, Minggu.

Baca juga: Pemkot Pekanbaru alokasikan Rp2 miliar untuk beasiswa mahasiswa

Menurut Putra, bantuan beasiswa tahap dua merupakan bentuk komitmen Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun untuk membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan dari keluarga kurang mampu.

Pemkot Pekanbaru di bawah kepemimpinan Muflihun kembali memberikan bantuan beasiswa yang sempat ditiadakan sejak beberapa tahun terakhir. Berdasarkan hasil seleksi administrasi, dari 1.200 mahasiswa yang mendaftar, sebanyak 615 mahasiswa di antaranya yang memenuhi persyaratan.

Baca juga: Ribuan mahasiswa sudah daftar beasiswa Pemko Pekanbaru

Kemudian dari 615 orang tersebut, yang terakomodasi dalam APBD murni 2023 baru 488 orang.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun berjanji akan menyiapkan anggaran dalam APBD Perubahan 2023 agar mahasiswa yang belum terakomodasi juga bisa mendapatkan bantuan beasiswa yang sama.

“Berapapun yang lolos atau memenuhi persyaratan akan kita tampung dan sisanya akan kita coba berikan dalam APBD Perubahan 2023, sehingga tidak ada kekecewaan dari masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemprov Riau salurkan Rp57,257 Miliar beasiswa untuk mahasiswa

Dalam program ini, bantuan beasiswa diberikan untuk jenjang pendidikan Strata Satu (S1) sebesar Rp4 juta per mahasiswa, serta untuk jenjang Diploma Tiga (D3) diberikan sebesar Rp3 juta per mahasiswa.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023