Setiap mahasiswa penerima beasiswa BI akan menerima bantuan dana untuk memenuhi keperluan pendidikan sebesar Rp1 juta per bulan selama 12 bulan
Jambi (ANTARA) - Bank Indonesia Provinsi Jambi membuka peluang bagi mahasiswa di daerah itu untuk menjadi penerima beasiswa dengan kuota sebanyak 100 orang pada 2024.

"Tahun 2024 kuota penerima beasiswa adalah 100 orang untuk dua perguruan tinggi negeri di Provinsi Jambi," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Warsono di Jambi, Kamis.

Setiap mahasiswa penerima beasiswa BI akan menerima bantuan dana untuk memenuhi keperluan pendidikan sebesar Rp1 juta per bulan selama 12 bulan dan selama masih memenuhi kriteria sebagai penerima beasiswa. Sehingga total beasiswa yang didapatkan selama satu tahun senilai Rp12 juta per orang.

Di Provinsi Jambi terdapat dua perguruan tinggi negeri yang telah bekerjasama dalam penyaluran bantuan dana pendidikan ini yaitu Universitas Jambi dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Baca juga: Bank Indonesia Kaltim salurkan Rp21,9 miliar ke mahasiswa
Baca juga: Unja dapatkan alokasi beasiswa KIP Kuliah sebanyak 1.200 mahasiswa


Bank Indonesia meyakini bahwa kualitas generasi muda yang terdidik, berilmu pengetahuan dan berkualitas, merupakan aset strategis dalam pembangunan Indonesia.

Dukungan BI pada dunia pendidikan menjadi salah satu faktor penentu bagi kemajuan peradaban, dan perkembangan kesejahteraan suatu bangsa.

Ia menegaskan bahwa kualitas tersebut penting agar Indonesia dapat mengoptimalkan era bonus demografi sebab generasi dengan usia produktif mendominasi keseluruhan penduduk Indonesia, dan akan mengakselerasi Indonesia untuk bisa maju lebih jauh lagi dari negara berpenghasilan menengah menjadi negara berpenghasilan tinggi.

Program beasiswa BI tidak terbatas pada upaya untuk mendukung biaya pendidikan maupun penunjang studi. Para Mahasiswa penerima beasiswa BI juga difasilitasi untuk tergabung dalam komunitas penerima Beasiswa Bank Indonesia yang dikenal dengan Generasi Baru Indonesia (Genbi).

Dalam komunitas tersebut, para penerima beasiswa BI mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing.

Baca juga: Unja terima 10 mahasiswa internasional melalui skema beasiswa
Baca juga: Lolos Program IYCE, mahasiswi Universitas Jambi bakal trip tiga negara


 

Pewarta: Tuyani
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024