Banda Aceh (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh mencanangkan gerakan 10 juta bendera Merah Putih dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia.

"Pemkot Banda Aceh melaksanakan gerakan bagi-bagi 10 juta bendera Merah Putih kepada masyarakat berdasarkan surat edaran Kemendagri," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, di Banda Aceh, Senin.

Baca juga: Kemendagri luncurkan gerakan 10 juta bendera di Lhokseumawe

Sebanyak 10 juta bendera Merah Putih tersebut telah diserahkan secara simbolis kepada para camat dan perwakilan KNPI. Selanjutnya, dibagikan kepada masyarakat untuk dikibarkan di 90 gampong se-Banda Aceh.

Amiruddin mengajak seluruh warga kota untuk berpartisipasi menyemarakkan HUT Ke-78 RI dengan mengibarkan bendera Merah Putih di seluruh instansi pemerintah dan swasta, kampus, sekolah negeri dan swasta, serta seluruh komponen masyarakat di sembilan kecamatan dan 90 gampong pada 1-31 Agustus 2023.

Baca juga: Pemerintah Aceh bagikan 4.700 lembar bendera merah putih

"Tanggal 17 Agustus menjadi hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Tahun ini, perayaan kemerdekaan mengangkat tema 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju'," katanya.

Ia menjelaskan tema tersebut bermakna mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama dan bergerak secara harmoni menuju Indonesia maju.

Dengan memaknai tema tersebut, dia berharap para ASN dapat terus berperan aktif dalam memajukan kota, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan mencintai Tanah Air dengan segenap hati.

Baca juga: Pemkot Bandarlampung bagikan 3.811 lembar Bendera Merah Putih

"Semangat kemerdekaan harus terus hidup dan tercermin dalam setiap tindakan dan kerja keras ASN dalam membangun bangsa dan negara,” demikian Amiruddin.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023