Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan ruas pamungkas dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB), menargetkan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Segmen Probolinggo-Besuki rampung pada Agustus 2024.

"Jika pembebasan lahan sesuai dengan target, maka pengerjaan konstruksi untuk tahap I sampai dengan Paiton ditargetkan dapat selesai pada Agustus 2024," ujar Direktur Utama JPB Adi Prasetyanto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Adi mengatakan, progres konstruksi telah dimulai sejak Februari 2023 lalu yang saat ini berjalan sesuai dengan jadwal pekerjaan yang telah disepakati. Secara keseluruhan progres konstruksi Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Probolinggo-Besuki saat ini sebesar 2,53 persen.

Pembangunan Tahap I ini terbagi atas 3 paket pekerjaan konstruksi yang mana hingga pertengahan Juli 2023, progres pembebasan lahan untuk Paket 1 Gending sampai dengan Kraksaan (12,88 km) adalah sebesar 92,57 persen, Paket 2 Kraksaan sampai dengan Paiton (11,20 km) sebesar 82,77 persen dan Paket 3 Paiton sampai dengan Besuki (25,60 km) sebesar 84,44 persen.

Pembangunan Tahap I Probolinggo-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki. Selain itu juga akan memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton dan SS Besuki serta dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+65 di kedua arah, arah Probolinggo maupun arah Besuki.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi atas 7 Seksi yaitu Seksi 1 Probolinggo-Kraksaan (12,88 km), Seksi 2 Kraksaan-Paiton (11,2 km), Seksi 3 Paiton-Besuki (25,6 km), Seksi 4 Besuki-Situbondo (42,3 km), Seksi 5 Situbondo-Asembagus (16,76 km), Seksi 6 Asembagus-Bajulmati (37,45 km) dan Seksi 7 Bajulmati-Ketapang (29,21 km).

Jalan tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang dikelola oleh PT JPB selaku Badan Usaha Jalan Tol yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jasa Marga sebesar 94,93 persen, PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 5 persen dan PT Waskita Toll Road sebesar 0,07 persen.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo sampai dengan Besuki yang semula sekitar 1 jam 15 menit menjadi 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80-100 Km/jam.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan ruas pamungkas dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa untuk meningkatkan konektivitas serta mempermudah mobilitas orang, barang dan jasa.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut banyak kepala daerah ajukan pembangunan tol
Baca juga: PUPR: Proyek Tol Getaci sampai Ciamis agar pembangunan lebih terukur
Baca juga: PT Jasamarga rekonstruksi tiga titik Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023