Jakarta (ANTARA News) - Dubes Indonesia untuk China dan Mongolia Imron Cotan menargetkan sebanyak satu juta turis China akan datang ke Indonesia pada 2013, naik dari tahun sebelumya hanya 850 ribu.

"Itu target saya," kata Imron saat berkunjung ke LKBN ANTARA, di Jakarta, Rabu.

Imron yang diterima oleh Dirpem ANTARA Akhmad Kusaeni, mengatakan jumlah turis China ke Indonesia terus meningkat seiring dengan meningkatnya pendapatan per kapita penduduk negara Tirai Bambu tersebut.

Ia mengatakan pada 2010 turis China ke Indonesia hanya 260.000 saja.

Menurut Imron, turis China yang ke Indonesia merupakan turis yang berkualitas karena mempunyai pengeluaran yang  tinggi.

"Jadi jangan hanya dilihat dari sisi jumlahnya saja. Coba lihat juga berapa besar pengeluarannya. Pengeluaran tiga hari turis China sama dengan pengeluaran satu minggu turis lainnya," kata Imron.

Imron mengatakan banyak turis asal China yang menginap di hotel-hotel yang mahal. Banyak diantara turis tersebut adalah pengusaha atau eksekutif muda.

Ia mengatakan potensi turis asal China sangat tinggi. Pada tahun 2015 diperkirakan 100 juta  turis asal China akan berpergian ke luar negaranya.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013