Dengan persentase 5,69 persen, Kepri menempati posisi keenam dengan jumlah penduduk miskin paling sedikit. Angka itu juga jauh di bawah angka rata-rata kemiskinan nasional yang masih berada di angka 9,36 persen
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) menyampaikan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2023 menunjukkan angka kemiskinan di daerah itu terendah sejak tahun 2015.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kepri Luki Zaiman Prawira menyebut jumlah penduduk miskin saat ini sebanyak 142,50 ribu orang (5,69 persen), berkurang 6,4 ribu orang dibandingkan kondisi September 2022 yang sebesar 148,89 ribu orang (6,03 persen).

"Dengan persentase 5,69 persen, Kepri menempati posisi keenam dengan jumlah penduduk miskin paling sedikit. Angka itu juga jauh di bawah angka rata-rata kemiskinan nasional yang masih berada di angka 9,36 persen," kata Luki di Tanjungpinang, Jumat.

Ia menyatakan penurunan kemiskinan ini sebagai hasil kerja keras Pemprov Kepri, pemerintah kabupaten/kota, beserta seluruh stakeholder terkait yang terus berupaya maksimal melalui berbagai program dan kegiatan supaya angka kemiskinan bisa ditekan.

Dia menyatakan beberapa program Pemprov Kepri di bawah kepemimpinan Gubernur Kepri Ansar Ahmad sebagai upaya pengentasan kemiskinan adalah operasi pasar murah, pemberian insentif, GNPIP yang bekerja sama dengan Bank Indonesia, program subsidi bunga pinjaman nol persen untuk UMKM, dan percepatan belanja pemerintah.

Baca juga: Pemerintah jalankan tiga strategi penurunan angka kemiskinan ekstrem

Selain itu, sambungnya, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kepri juga turun pada Februari 2023 sebesar 7,61 persen dibanding pada Agustus 2022 yang sebesar 8,23 persen.

Secara umum, lanjut Luki, kebijakan yang diambil Gubernur Ansar guna menangani pengangguran, termasuk di bidang ketenagakerjaan, sudah berada di jalur yang benar.

"Di satu sisi kebijakan Gubernur Ansar terus mendorong daya beli masyarakat melalui berbagai program bantuan sosial. Di sisi lain, stimulus juga diberikan kepada para pelaku usaha (langsung ataupun tak langsung) agar usaha mereka tetap berjalan dan permintaan terhadap tenaga kerja tetap terjaga," ungkap Luki.

Lebih lanjut ia menyebutkan saat ini pemerintah daerah (pemda) tengah fokus menangani angka pengangguran dengan meningkatkan kemampuan SDM masyarakat Kepri melalui pendidikan vokasi dan juga peningkatan kualitas balai pelatihan kerja yang dimiliki Pemprov Kepri.

Pihaknya sangat optimistis laju pertumbuhan ekonomi secara makro di Kepri dapat terus meningkat dan secara langsung menjamin kesejahteraan untuk masyarakat.

Baca juga: Kemenko PMK optimistis angka kemiskinan ekstrem nol persen pada 2024

Pewarta: Ogen
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023