Orang-orang lebih optimis tentang kemungkinan inflasi terkendali dan ekonomi menghindari resesi
New York (ANTARA) - Wall Street menguat pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), dengan ketiga indeks utama menutup minggu ini lebih tinggi setelah serangkaian pendapatan Big Tech, data ekonomi, dan pengumuman bank sentral meningkatkan kepercayaan investor pada soft landing ekonomi AS.

Indeks Dow Jones Industrial Average terangkat 176,37 poin atau 0,5 persen, menjadi menetap di 35.459,09 poin, Indeks S&P 500 bertambah 44,76 poin atau 0,99 persen, menjadi berakhir 4.582,17 poin. Indeks Komposit Nasdaq melonjak 266,55 poin atau 1,9 persen, menjadi ditutup di 14.316,66 poin.

Sebagian besar dari 11 sektor utama S&P 500 membukukan keuntungan, dipimpin oleh layanan komunikasi yang meningkat 2,3 persen, karena perusahaan teknologi besar mempertahankan tren kenaikan setelah mengumumkan laba awal pekan ini.

Untuk minggu ini, Nasdaq meningkat 2,02 persen, S&P 500 naik 1,01 persen, dan Dow menguat 0,66 persen. Kenaikan tersebut memberi S&P 500 penutupan tertinggi sejak 4 April 2022.

Inflasi tahunan AS melambat secara signifikan pada Juni, kemungkinan mendorong Federal Reserve lebih dekat untuk mengakhiri siklus kenaikan suku bunga tercepat sejak 1980-an, data menunjukkan pada Jumat (28/7/2023).

Dalam 12 bulan hingga Juni, indeks harga PCE naik 3,0 persen, merupakan kenaikan tahunan terkecil sejak Maret 2021 dan mengikuti kenaikan 3,8 persen pada Mei.

"Anda menggabungkan semua itu dan Anda berakhir dengan gagasan bahwa ekonomi Goldilocks (keadaan perekonomian yang 'tidak kepanasan') ini mungkin berlanjut untuk sementara waktu, dengan inflasi yang jelas turun," kata Scott Ladner, Chief Investment Officer di Horizon Investments.

"Orang-orang lebih optimis tentang kemungkinan inflasi terkendali dan ekonomi menghindari resesi," kata Win Murray, direktur penelitian di manajer aset Diamond Hill.

Pada Rabu (26/7/2023), Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan The Fed tidak memperkirakan resesi dan tidak mengesampingkan kenaikan suku bunga lainnya, dengan mengatakan akan mengikuti data ekonomi di masa depan.

Untuk menyelesaikan tanda-tanda menggembirakan selama seminggu, lebih dari separuh perusahaan yang terdaftar di S&P 500 telah melaporkan pendapatan kuartal kedua pada Jumat (28/7/2023), di mana 78,7 persen di antaranya telah melampaui ekspektasi para analis, menurut data Refinitiv.

Barclays mengatakan investor berbondong-bondong ke ekuitas minggu ini, dengan arus masuk 10 miliar dolar AS ke saham yang tercatat di AS, menurut catatan kepada klien.

Di sisi pendapatan, hasil dan perkiraan Intel menunjukkan pasar PC yang membaik, membuat saham pembuat cip ini melonjak 6,60 persen. Peers Nvidia dan Marvell Technology juga naik masing-masing 1,85 persen dan 1,60 persen.

Pada Kamis (27/7/2023), Dow menghentikan kenaikan beruntun terpanjang sejak 1987 karena imbal hasil obligasi pemerintah AS menekan saham setelah berita bahwa Bank Sentral Jepang (BoJ) akan mengizinkan kenaikan suku bunga jangka panjang.

BoJ membuat kebijakan kontrol kurva imbal hasil lebih fleksibel dan melonggarkan pertahanannya terhadap batas suku bunga jangka panjang, dalam langkah yang dilihat oleh investor sebagai awal dari pergeseran dari stimulus moneter besar-besaran.

Imbal hasil surat utang AS 10-tahun turun dari 4,0 persen yang dicapai di sesi sebelumnya, mengangkat saham-saham pertumbuhan megacap dan saham teknologi naik tajam.

Procter & Gamble naik 2,83 persen setelah raksasa konsumen ini mengalahkan estimasi para analis untuk penjualan triwulanan.

Ford Motor turun 3,42 persen setelah Kepala Eksekutif Jim Farley menguraikan perubahan dalam strategi produk pembuat mobil, memperlambat peningkatan kendaraan listrik yang merugi.

Exxon Mobil turun 1,19 persen setelah raksasa minyak tersebut membukukan penurunan laba kuartalan sebesar 56 persen, sementara rekannya Chevron turun 0,50 persen setelah memperkirakan produksi tahunan mendekati kisaran terendah dari perkiraan sebelumnya.

Volume perdagangan di bursa AS mencapai 10,10 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 10,45 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Baca juga: Wall St turun, Dow hentikan kenaikan beruntun terpanjang sejak 1987
Baca juga: Wall St beragam karena Fed biarkan pintu terbuka untuk kenaikan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023